Nataru, Semua ‘Esktra Flight’ Dilayani di YIA

YOGYA, KRJOGJA.com – Menjelang arus Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, seluruh tambahan penerbangan melalui Yogyakarta semuanya akan dilewatkan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (BIY/YIA).  Sedangkan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta hanya melayani penerbangan reguler saja, tidak ada esktra flight khusus Nataru.

Hal tersebut berdasarkan instruksi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan. Sampai saat ini baru satu maskapai yang sudah mengajukan esktra flight yakni Garuda Indonesia. Bahkan tambahan penerbangannya sudah mulai 6 Desember lalu. "Sejauh ini yang sudah fixed baru Garuda Indonesia, dengan dua kali tambahan penerbangan setiap hari. Kedepan kemungkinan akan ada Citilink. Namun masih belum fiks," ujar Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA Agus Pandu Purnama, Selasa (17/12).

Nantinya, dari PT Angkasa Pura I (Persero) juga akan membuka posko Nataru. Rencananya akan dibuka mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. Biasanya 1-3 hari menjelang pembukaan posko, baru ada kepastian ada berapa maskapai yang mengajukan ekstra flight.

Dimungkinkan maskapai masih memperhitungkan respon pasar jika ingin membuka ekstra flight di YIA. Namun dipastikan jika di Bandara Adisutjipto tidak akan ada ekstra flight khusus Nataru, karena semuanya dialihkan ke YIA. "Hal tersebut sudah kita sampaikan ke maskapai sejak jauh-jauh hari," ujar Agus Pandu.

Lantaran ekstra flight hanya akan dilayani di YIA, maka Agus Pandu tidak berani mentargetkan ada lonjakan penumpang. Bahkan ada kencenderungan menurun dibandingkan Nataru tahun lalu. Meski demikian, untuk Nataru lonjakan penumpang memang tidak terlalu tinggi.

"Kalau lebaran bisa sampai 12 persen dibandingkan hari-hari biasa. Untuk Nataru biasanya sekitar 8 persen saja. Karena tahun ini esktra flight hanya di YIA, kemungkinan kenaikannya antara 4-5 persen dibandingkan hari biasa," urainya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI