‘Ngafee’, Padukan Kopi dan Daun Kelor

YOGYA, KRJOGJA.com – Pada masa pandemi dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, hampir semua orang ingin menjaga kesehatannya dengan imunitas yang baik agar terhindar dari Covid-19. Mereka mencari sumber bahan makanan dan minuman yang memiliki nilai fungsional untuk menjaga imunitas tubuh dan menyehatkan dari bahan bahan alami yang ada di sekitar kita.

Salah satunya adalah daun kelor. Kelor merupakan salah satu sayuran yang sangat popular di Indonesia. “Rasanya segar dan bisa tumbuh di mana saja. Daun kelor ternyata terkandung manfaat yang sangat besar ketika kita mengkonsumsinya. Daun kelor mengandung banyak antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Maka kami membuat produk, Moringa Coffee disingkat Ngafee, memadukan kopi dengan daun kelor,” kata Nurul Suciyani, Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Senin (28/09/2020).

Peluang ini ditangkap oleh 5 mahasiswa dari UAD yang menjadi satu tim melalui PKMK membuat sebuah produk berbahan baku daun kelor yang dipadukan dengan kopi menjadi produk minuman kekinian. Tim itu, dirinya Nurul Suciyani dari Prodi Bisnis dan Jasa Makanan, beranggotakan Yulfa Afiqoh (Prodi Perbankan Syariah), Fatimah Azzahra (Prodi Bahasa dan Sastra Arab), Lailatul Rohmaniah (Prodi Teknik Kimia) dan Lutfi Setya Asih (Prodi Ekonomi Pembangunan) dengan dibimbing oleh Retnosyari Septiyani STP MSc.

Nurul Suciyani mengatakan, alasan memadukan kopi dengan daun kelor karena saat ini bisnis kopi berkembang pesat dan menjadi trend di kalangan anak muda. Maka jika diberi tambahan bahan yang memiliki nilai fungsional untuk kesehatan dapat menjadi daya tarik tersendiri terutama di masa pandemi saat ini. “Kami memberi branding Ngafee, singkatan dari Moringa Coffee,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI