Ngayogjazz “Hamamangun Karyenak Jazzing Sasama” Digelar 19 November

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN (KRjogja.com) – Event pecinta musik Jazz bertajuk Ngayogjazz 2016 "Hamamangun Karyenak Jazzing Sasama" siap digelar 19 November mendatang. Padukuhan Kwagon Sidorejo Godean Sleman kali ini akan menjadi tuan rumah perhelatan besar musik Jazz di DIY yang diselenggarakan mulai tahun 2007 lalu.

Communication Manager Ngayogjazz, Hatta Kawa kepada wartawan dalam temu pers di The Alana Hotel Kamis (17/11/2016) mengatakan pengambilan tema "Hamamangun Karyenak Jazzing Sasama" dimaksudkan sebagai sebuah kesimpulan untuk mewujudkan kebahagiaan setelah 10 tahun kiprah Ngayogjazz. Menurut Hatta, tagline tersebut bisa diinterpretasikan Ngayogjazz sebagai sebuah ujaran kebahagiaan untuk memerangi ujaran kebencian yang dewasa ini sangat marak terjadi.

"Tema ini perang kami terhadap ujaran kebencian yang dewasa ini sangat marak terjadi di Indonesia, secara mudahnya seperti itu. Kami ingin membawa keindahan dan membahagiakan saja terutama setelah 10 tahun eksistensi kami," ungkapnya.

Secara khusus ada enam panggung yang disiapkan di Dusun Kwagon yang memang dikenal sebagai desa penghasil genteng dan batu bata. Tim penyelenggara dalam event satu hari penuh tersebut membuat panggung sesuai nama-nama genteng seperti Panggung Kodok, Kripik, Krepus, Wuwung, Garuda dan Paris.

"Nantinya tampil musisi-musisi yang mungkin dinantikan seperti Fariz RM&Friends, Monita Tahalea, Tohpati, Shadow Puppets& Harvey Malaihollo, kolaborasi Arupadhatu Jazz juga masih banyak penampil lainnya. Nanti akan dikolaborasikan dengan seni tradisi masyarakat tarian rampak buto, pasukan bregada dan kirab ogoh-ogoh," imbuhnya.

Sementara Singgih Raharjo Wakil Kepala Dinas Kebudayan DIY mengapresiasi gelaran Ngayogjazz yang telah memasuki usia ke-10. Menurut dia, muncul harapan besar agar masyarakat bisa menikmati musik jazz dalam nuansa pedesaan Kwagon sekaligus memperkenalkan kawasan tersebut.

"Pemda sangat mendukung adanya Ngayogjazz tahun 2016 ini dan kami berharap seluruh masyarakat DIY bisa menikmati salah satu dari program keistimewaan sekaligus merasakan dana istimewa melalui musik. Nikmati musik dan suasana pedesaan di Kwagon nanti," terangnya.

Sukiman, Dukuh Kwagon pun menyambut antusias event Ngayogjazz kali ini. "Kami tak pernah membayangkan dipilih jadi tuan rumah dan terimakasih nama Kwagon sudah jadi terkenal sekarang," ungkapnya tersenyum. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI