November Prameks Berubah Jadi KRL

YOGYA, KRJOGJA.com – Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI), yakni PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) resmi mengelola perjalanan KA Lokal di Daerah Operasional 6 Yogyakarta, 1 Oktober 2020 ini. KCI bakal mengelola perjalanan KA Prambanan Express (Prameks) yang selama ini menjadi primadona penumpang Yogya-Solo-Kutoarjo.

Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti mengatakan pihaknya kini masih menyelesaikan pembangunan infrastruktur pendukung di stasiun. Oktober ini, listrik aliran atas sudah terpasang dari Yogyakarta hingga Klaten dan terus diperpanjang hingga Solo.

“Kami targetkan November atau kalau bisa akhir Oktober sudah bisa ujicoba. Sementara baru sampai Yogya-Klaten dan nanti di bulan Desember harapannya sudah bisa sampai Solo. Namun tergantung penyelesaian pekerjaan prasarana,” ungkap Wiwik pada wartawan, Jumat (2/9/2020).

KCI menyebut nantinya pelayanan penumpang untun rute Prameks akan berbeda dari biasanya. Tiket penumpang akan dimudahkan secara digital maupun kartu dan tak lagi menggunakan model kertas seperti saat ini.

“Jadi, nanti kalau sudah masuk ke peron, pakai kartu atau link aja digital bisa dipakai untuk berangkat jam berapa saja. Kalau sekarang pakai kertas kan berangkatnya sesuai dengan waktu yang tertera. Kami berusaha memudahkan penumpang dan layanannya paling tidak standar sesuai KRL yang ada di Jabodetabek saat ini,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI