Nyai Gadung Melati Gunung Merapi Terekam Batu Gambar

Editor: Ivan Aditya

GUNUNG Merapi menyimpan banyak tokoh mitologi. Salah satunya Nyai Gadung Melati. Konon, Nyai Gadung Melati merupakan sosok perempuan (ibu muda) berparas cantik. Ia diyakini sebagai pemimpin mahluk halus di Gunung Merapi.

Diambil dari blog mistikologi.com, legenda yang berkembang, sebelum meninggal Nyai Gadung Melati hidup bersama anak semata wayang. Suatu ketika, sang anak ingin kebun pekarangan rumahnya asri, dan tanamannya tumbuh subur. Namun, karena tanahnya gersang, permintaan anak tidak dapat dipenuhi.

Nyai Gadung lantas membuat sayembara. Barang siapa mampu membuat perairan hingga ke pekarangan rumahnya dan membuat tanaman tumbuh subur, maka akan menjadi saudaranya bagi yang perempuan, atau menjadi suaminya bagi yang laki-laki. Setelah semua orang gagal, maka Ki Ageng Sukuh mampu memenuhi sayembara tersebut.

Pada akhirnya, Nyai Gadung ingkar. Ia enggan menikah bersama Ki Ageng Sukuh karena dianggap sudah tua renta dan peyot. Saat diingkari itulah, Nyai Gadung mendapat kutukan Ki Ageng menjadi arca, di Desa Sukuh, kawasan lereng Gunung Merapi.

BERITA REKOMENDASI