OJK dan FEB UGM Bangun Pusat Riset

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM membentuk Pusat Riset Literasi dan Inklusi Keuangan (PRLIK). Peresmian dilakukan di Ruang Kertanegara FEB UGM ditandai penandatanganan nota kesepahaman kedua belah pihak, Kamis (25/08/2016).

Anggota Dewan Komisioner OJK Pusat, Kusumaningtuti S Soetiono mengatakan, PRLIK secara khusus akan menjadi sarana melakukan kegiatan riset, diseminasi serta pelatihan di bidang literasi dan inklusi keuangan bagi sivitas akademika. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan PRLIK antara lain edukasi keuangan bagi mahasiswa melalui program guest lecturer, seminar, focus group discussion, kegiatan outreach program melalui training of trainers tematik bagi mahasiswa KKN dan training of communties bagi masyarakat.

Adapun penelitian yang akan dilakukan dalam waktu dekat antara lain, kajian ketersediaan skim pembiayaan mikro oleh lembaga jasa keuangan di Indonesia dalam rangka pembedayaan UMKM serta penelitian mengenai inklusi keuangan di Indonesia. "Dengan aktifnya pusat riset ini diharapkan semakin besar animo sivitas akademika UGM maupun perguruan tinggi lain dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangaan masyarakat Indonesia," terang Kusumaningtuti kepada wartawan usai peresmian.

Dekan FEB UGM, Prof Wihana Kirana Jaya MSosSc PhD mengatakan, bagi FEB, keberadaan pusat riset ini menjembatani kurikulum terapan. Kedepan riset-riset akademik diarahkan untuk menjawab berbagai persoalan masyarakat di sektor keuangan. Di samping itu, melalui PRLIK para mahasiswa bisa belajar atau magang di OJK, dan mengangkat kasus yang ditemui sebagai objek penelitian skripsi. "Program KKN mahasiswa juga akan kita arahkan untuk meningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat," katanya.

Dikatakan, salah satu riset yang saat ini penting segera dilakukan adalah inovasi digital micro finance. Melalui pusat riset ini akan digali ide-ide yang inovatif dengan sentuhan teknologi untuk mempercepat kemakmuran masyarakat. (R-2)

BERITA REKOMENDASI