OJK DIY Bagikan 300 Paket Sembako

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY melakukan sejumlah kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 antara lain pembagian sembako. Kali ini, OJK DIY membagikan total 300 paket sembako bagi pekerja berpendapatan harian seperti buruh gendong, tukang becak, kusir andong dan sebagainya yang terdampak langsung pandemi Covid-19 maupun Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat maupun Level 4.

Kepala OJK DIY Parjiman mengatakan rekan-rekan OJK sedikit menyisihkan pendapatannya dalam rangka ikut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi. Khususnya membantu masyarakat yang pekerjaannya bersifat harian seperti buruh gendong, tukang becak, andong dan sebagainya yang sangat terdampak pembatasan mobilitas.

“Kami mengharapkan adanya bantuan paket sembako ini sebagai awal yang bisa diikuti lembaga lainnya di DIY. Langkah tersebut guna membantu meningkatkan konsumsi masyarakat sehingga bisa lebih membangkitkan perekonomian di DIY,” ujarnya di Kantor OJK DIY, Jumat (07/08/2021).

Parjiman menyampaikan sebagaimana diketahui OJK sangat concern dan ikut serta dalam memutus mata rantai penyebaran virus Korona diantaranya dengan mengeluarkan berbagai kebijakan selama ini. Berbagai kebijakan antara lain stimulus kredit yang digadang-gadang bisa meningkatkan kegiatan perekonomian khususnya di DIY setelah pemulihan kesehatan dilakukan.

“OJK membantu pemerintah dalam membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kita sudah melakukan vaksinasi bagi sekitar 21 ribu orang yang bekerja di lembaga jasa keuangan termasuk keluarga dan nasabah serta masyarakat sekitar di DIY. Bahkan, kami bekerjasama dengan UGM untuk memberikan vaksinasi kepada mahasiswa,” terangnya.

OJK tetap akan terus melakukan program vaksinasi kedepannya, sebab pihaknya bersama Industri Jasa Keuangan memiliki rencana melakukan fasilitasi penyuntikan vaksinasi secara nasional kepada 10 juta orang selama semester II 2021. Pelaksanaan percepatan vaksinasi Covid-19 tersebut tentunya bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Pelaksanaan vaksinasi tengah menghadapi kendala terbatasnya vaksinator sehingga program vaksinasi dilakukan secara bertahap. Upaya percepatan vaksinasi ini dilakukan untuk mengakselerasi pencapaian kekebalan kelompok (herd immunity) khususnya di sektor jasa keuangan dan menjaga momentum pemulihan ekonomi,” jelas Parjiman.

Kepala Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Gunawan Nugroho Utomo mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih atas bantuan paket sembako tersebut bagi buruh gendong. Sebab pendapatan buruh gendong turun drastis, bahkan tidak mendapatkan pendapatan sama sekali sehingga membutuhkan bantuan.

“Saya berterima kasih atas bantuan paket sembako ini dari OJK, karena bisa membantu kebutuhan hidup setelah sumber pendapatan hariannya berkurang atau bahkan tidak ada pemasukan sama sekali,” pungkasnya. (Ira)

OJK

BERITA REKOMENDASI