OJK DIY Dorong Penyaluran Kredit Sektor Produktif

Editor: Agus Sigit

Lebih lanjut, Jimmy menyampaikan sektor ekonomi yang potensial dikembangkan pembiayaan adalah tekstik karena berpeluang melakukan diversifikasi produk Alat Pelindung Diri (APD) dan masker. Tidak boleh dilupakan adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meskipun ada ancaman tertekanya permintaan, namun berpeluang melakukan diversifikasi produk.

“Sektor pertanian justru yang paling bisa tahan banting terhadap dampak pandemi Covid-19 karena berpeluang memenuhi permintaan dengan produksi domestiknya. Bahkan sektor pertanian tumbuh 0,02 persen (yoy) pada kuartal I 2020 lalu,” tandasnya.

Usulan bauran kebijakan stimulus OJK guna mendorong pertumbuhan sektor usaha prioritas tersebut melalui sektor keuangan adalah stimulus kredit dan investasi pemerintah bagi industri pengolahan seperti tekstil, kimia, makanan/minuman dan alat kesehatan serta industri pariwisata dengan restrukturisasi kredit dan penempatan dana. Selanjutnya pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus bagi sektor pertanian dan perikanan agar memberikan multiplier effect tinggi dari hulu ke hilir. (Ira)

BERITA REKOMENDASI