Operasi di LP Wirogunan, Petugas Temukan Lipstik di Kamar Napi?

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim Gabungan LP Kelas II A Yogyakarta (Wirogunan) bersama BNNP DIY juga TNI/Polri menggelar operasi penggeledahan di seluruh kamar warga binaan, Kamis (26/8/2021). Petugas mengantisipasi adanya peredaran dan penggunaan narkoba di dalam LP Wirogunan.

Kalapas Wirogunan, Arimin mengatakan operasi merupakan upaya pencegahan dini peredaran narkoba di lapas. Ia ingin memastikan warga binaan maupun petugas benar-benar bersih dari narkoba.

“Kami ingin mencegah peredaran gelap narkoba di lapas. Kami cek semua, termasuk cek urin dan hasilnya semua negatif. Tidak ditemukan adanya narkotika di dalam lapas,” tegas Arimin.

Kepala BNNP DIY, Brigjen Polisi Andi Fairan mengatakan pihaknya mendukung upaya lapas memastikan kebersihan dari kemungkinan peredaran narkoba secara gelap di dalam lapas. Selama ini, muncul stigma bahwa warga binaan masih bisa mengendalikan peredaran narkoba dari balik jeruji besi.

“Kami berharap Yogyakarta tidak seperti itu, karena stigma bahwa lapas tempat mengendalikan narkoba di luar tidak benar. Kami akan terus berupaya mengawasi,” tegasnya.

Namun begitu, dalam penggeledahan, petugas menemukan barang-barang yang berpotensi disalahgunakan warga binaan. Petugas pun melakukan penyitaan seperti korek api gas, alat cukur, jam, tali, botol, batu, kartu remi hingga lipstik dari kamar warga binaan.

“Seluruh barang ini kami musnahkan dengan segera agar tidak disalahgunakan oleh warga binaan,” pungkas Arimin. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI