Operasi Zebra Progo 2020, Fokus Pada Tiblantas dan Protokol Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masalah ketertiban lalu lintas (tiblantas) dan protokel kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran virus korona menjadi fokus petugas dalam pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2020. Petugas lebih mengutamakan pendekatan preventif dan preemtif, daripada menjatuhkan sanksi kepada pelaku pelanggaran lalu lintas. Saat dilangsungkan operasi, petugas juga memeriksa setiap pengendara sepeda motor atau pengemudi mobil, apakah mengenakan masker atau tidak.

Hingga Kamis (29/10/2020) pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2020, berlangsung lancar sesuai harapan dan target. Operasi yang mengedepankan tindakan preventif dan preemtif terhadap pengguna jalan, sekaligus juga digunakan untuk sosialisasi mengenai protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Petugas tidak memaksakan memberikan sanksi kepada pengguna jalan, berupa pemberian bukti pelanggaran.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY AKBP Iwan Saktiadi SIK MH MSi didampingi Kasubdit Gakkum Kompol Edy Bagus Sumantri SIK, Kamis (29/10/2020) menyampaikan mulai hari Selasa hingga Kamis, pihaknya baru memberikan 16 teguran tertulis dan 5 sanksi bukti pelanggaran (tilang). Pemberian tilang lantaran pelanggaran yang dilakukan bisa membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lain.

“Terhadap pelaku pelanggaran yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) petugas terpaksa memberikan surat tilang,” jelas Iwan Saktiadi.

Iwan Saktiadi menyampaikan pola Operasi Zebra Progo tahun ini berbeda dengann tahun-tahun sebelumnya. Petugas tidak mengedepankan tilang, melainkan lebih mengedepankan kegiatan edukatif dengan memberikan imbauan tiblantas. Selain itu, petugas juga melaksanakan edukasi mengenai protokol kesehatan berupa penerapan 3 M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak sekaligus menghindari kerumunan massa.

Mengenai fokus pelaksanaan Operasi Zebra 2020 di wilayah kota, Iwan Saktiadi menyebut Jalan Herman Johanes, Jalan C Simanjuntak, Jalan Godean, Jalan Parangtritis, dan Jalan Magelang. Selain melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat kendaraan (STNK), perlengkapan kendaraan bermotor, dan Surat Izin Mengemudi (SIM), petugas juga melakukan operasi masker.

“Rata-rata pengendara motor dan pengemudi mobil sudah mengenakan masker, hanya masih ada yang menggunakan masker dengan cara yang kurang benar,” ujar Iwan Saktiadi.

Iwan Saktiadi mengimbau masyarakat agar taat dan tertib saat berlalulintas, sehingga terhindar dari risiko kecelakaan. Selain itu, diharapkan masyarakat tidak perlu panik jika mengetahui adanya Operasi Zebra Progo di sejumlah ruas jalan.

“Tidak perlu lari atau balik arah yang justru bisa berpotensi terjadinya laka lantas. Petugas akan berlaku proporsional dan profesional, demi menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalulintas,” tandas Iwan Saktiadi.

Masyarakat tidak perlu takut jika ada Operasi Zebra Progo, tidak perlu menghindari yang nantinya justru akan merugikan diri sendiri. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI