Ortu Harus Konsisten Dampingi Anak Gunakan Gadget

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJogja.com – Saat ini dengan perkembangan teknologi digital, tidak bisa dipungkiri anak menjadi pengguna aktif (native) gadget. Orangtua dituntut perannya untuk mengarahkan anak agar teknologi  bisa dimanfaatkan dengan visi misi sesuai pribadi anak, juga usia anak.

Psikolog Analisa Widyaningrum MPsi menyebutkam dengan melihat pasion anak, orangtua bisa mendampingi anak dalam penggunaan gadget, "Orangtua juga harus belajar teknologi agar tahu apa yang dikerjakan anak," tuturnya saat Digital Parenting, Sabtu  (30/3) di Yudhistira Hall JEC, Jalan Raya Janti, Yogyakarta. 

Dalam talkshow yang digelar komunitas pendidik dan orangtua KB TK Sekolah Primagama Prima Parents Community (PPC), Analisa menyebutkan orangtua sebagai role mode bagi anak. "Jika ingin membatasi anak dalam penggunaan gadget sampaikan dengan bahasa yang halus, juga memberi contoh dengan tidak asyik sendiri menggunakan hape, konsisten dengan aturan penggunaan gadget/hape," tegas pendiri Analisa Personality Development, dan Psikolog Klinis di JIH ini.

Lebih lanjut Ketua Panitia Inri Suciati Savitri didampingi Ketua PPC Pusat Sisca  Widyastiti menjelaskan tujuan kegiatan untuk edukasi dengan materi Cerdas Mendidik Buah Hati di Era Digital. "Tema Aku Anakku dan Gadget, PPC akan rutin menggelar edukasi untuk orangtua dengan berbagai even menarik. Acara juga dimeriahkan fashion show ibu-ibu yang mengakrabkan," jelasnya. (M-3)

 

BERITA REKOMENDASI