Packaging Penting Dalam Usaha Kerajinan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Para pelaku industri usaha kerajinan, kreativitas dalam menghasilkan produk yang baik dan bermanfaat saja tidak cukup. Metode penjualan serta kualitas produk dan kecepatan pengiriman barang menjadi salah satu kunci suksesnya melalui packaging menjadi hal penting guna memastikan produk sampai pada pembeli dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

Salah satunya adalah seperti yang dilakukan owner PJ Craft Parjianto yang melakoni usaha produksi berbagai kerajinan kotak penyimpanan sejak 2012. Penjualan secara daring dan pengiriman barang yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan usahanya selama ini. Dirinya melihat ada peluang bisnis untuk membuat tempat penyimpanan barang dengan bahan kulit imitasi yang menyasar pasar dalam negeri dan menjual secara daring pada 2014 guna memperluas pasar.

“Foto yang menarik itu penting untuk penjualan online. Paling banter untuk penjualan Jakarta, Surabaya, kemudian Kalimantan, Sulawesi dan Papua minat belinya tinggi,” tuturnya
Dalam menghadapi berbagai macam karakter customer, Parjianto mengaku perlu kesabaran mulai dari customer yang tidak banyak permintaan aneh-aneh hingga customer yang rewel, sudah pernah dihadapi. Hal penting lainnya soal pengiriman barang karena packaging menjadi hal penting guna memastikan produk sampai pada pembeli dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.

“Hal terpenting adalah kesabaran, bagaimanapun penilaian review dari customer sangat penting. Untuk itu, jasa pengiriman yang saya percayai adalah JNE sejauh ini. Memastikan barang sampai tujuan dengan kondisi yang baik itu penting, produk aman sampai pembeli utuh, menggunakan dus yang tebal, kemudian pelindung kaca menggunakan styrofoam tebal,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI