Pakai Danais, Drainase di Kawasan Cagar Budaya Direvitalisasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Sembari menuntaskan tahap akhir di Babaran, drainase di kawasan cagar budaya juga bakal direvitalisasi pada tahun 2019. Terutama di wilayah Kotagede dan Malioboro dengan menggunakan alokasi dana keistimewaan (danais).

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogya Aki Lukman, mengungkapkan di Kotagede saluran drainase yang akan direvitalisasi berada di Jalan Mondorakan dengan panjang saluran sekitar 717 meter. Dana yang dialokasikan untuk pembiayaan revitalisasi sekitar Rp 10,4 miliar. "Pada awalnya kami merencanakan pekerjaan saluran
drainase hingga Jalan Kemasan agar tidak dikeluhkan masyarakat karena terjadi pembongkaran jalan. Namun karena dana yang diterima hanya cukup untuk memperbaiki saluran di Jalan Mondorakan, maka pekerjaan terpaksa dilakukan bertahap," jelas Aki, Minggu (9/12).

Setiap kali hujan deras, Jalan Mondorakan dan Jalan Kemasan di Kotagede tersebut selalu menjadi langganan genangan air. Bahkan genangan menutupi seluruh ruas jalan sehingga membahayakan pengendara yang tengah melintas. Hal ini lantaran kapasitas drainase di dua ruas jalan tersebut sangat kecil sehingga perlu segera direvitalisasi dengan memperbesar ukuran saluran air.

Khusus untuk saluran air di Jalan Mondorakan kapasitasnya sekitar 60×60 centimeter, dan akan diperbesar menjadi lebih dari dua kali lipat menjadi 1,8×1,5 meter. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI