Paksi Katon Guyup Rukun Bersama Prajurit

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan organisasi masyarakat (ormas) dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta sangat mendungkung suksesnya pelaksanaan program ini. Walau kekuatan jumlah personel tak sebesar prajurit TNI, namun peran ormas tak bisa dipandang sebelah mata dalam kegiatan ini.

Salah satunya yakni Paksi Katon. Sebagai salah suatu ormas yang memiliki komitmen untuk bersinergi dengan aparat keamanan untuk bersama menjaga Yogya, Paksi Katon merupakan satu dari puluhan ormas yang selalu aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakna Kodim 0734 Yogyakarta.

“Kegiatan TMMD menyatukan berbagai elemen masyarakat untuk saling gotong royong bersatu padu antara TNI dan elemen masyarakat. Kami akan turut membangun wilayah demi terciptanya daerah yang aman dan nyaman,” ujar Walidi salas seorang anggota Paksi Katon, Kamis (13/04/2018).

Disamping menjaga keamanan Paksi Katon juga bergerak dibidang sosial. Hari ini, Sabtu (07/04) organisasi kemasyarakatan Paksi Katon yang berada di Yogyakarta, selaras guyup rukun bersama TNI dalam kegiatan TMMD Reguler ke-101 TA. 2018, Kodim 0734/Yogyakarta.

Untuk kedepannya selama TMMD di Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo masih berlangsung, Pasi Katon akan selalu mendukung penuh dan selalu bekerja sama dengan TNI yang berada di Yogyakarta. Karena kegiatan TMMD ini juga membantu pemerintah setempat untuk percepatan pembangunan dan masyarakatpun yang akan merasakan hasil dari TMMD ini.

Ormas ini berjanji akan terus berada di Kelurahan Pandeyan Kecamatan Umbulharjo, tempat dimana pelaksanaan TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta dipusatkan ini hingga selesai. Semua itu dilakukan Paksi Katon sebagai bentuk pengabdian ormas ini kepada masyarakat Yogya dan bangsa Indonesia.

Sementara itu Dansatgas TMMD Reguler ke-101, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah yang juga merupakan Komandan Kodim (Dandim) 0734 Yogyakarta mengatakan, keberadaan ormas dalam kegiatan ini menunjukkan jika warga yang tergabung di dalamnya benar-benar berjiwa merah putih. Kegiatan seperti ini juga dapat dijadikan sebagai bagian dari ormas untuk membina anggota-anggotanya.

“Jiwa Pancasila wajib dimiliki ormas dan kegiatan-kegiatanya juga harus selalu positif. Keberadaan ormas dalam kegiatan ini juga bagian dari kami sebagai TNI untuk membina agar para angota-anggotanya memiliki jiwa nasionalisme,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI