PAN DIY Hormati Keputusan Mundur Yuni Astuti

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DPW PAN DIY memberikan komentar terkait mundurnya salah satu kader yang juga pengurus, Yuni Astuti. PAN menyatakan menghormati keputusan politik pribadi Yuni Astutu yang sebelumnya menjadi kandidat terkuat pengganti Hanafi Rais di DPR RI.

Ketua DPW PAN DIY, Suharwanta mengatakan keputusan mundur merupakan hak setiap kader yang harus dihormati. Pihaknya mengakui sudah menerima surat pengunduran diri dari Yuni Astuti dan meneruskan kepada DPP untuk tindaklanjut.

“Kami sudah menerima surat pengunduran diri beliau, dan meneruskan pada pusat karena kewenangan pusat. Kami menghargai apapun keputusan kader karena itu murni hak politik individu dan kami menghormati,” ungkap Suharwanta pada wartawan, Sabtu (24/04/2021).

Terkait siapa sosok yang akan menggantikan Yuni Astuti di DPW PAN DIY dan DPR RI menggantikan Hanafi Rais, Suharwanta mengaku hal tersebut merupakan kewenangan DPP PAN. Namun jika menilik peringkat perolehan suara, Harwanta menyebut Ibnu Mahmud Bilalludin berpeluang besar karena menempati posisi tiga pada pileg 2019 di bawah Hanafi Rais dan Yuni Astuti.

“Mekanismenya tetap kita jalankan sebagaimana mestinya. Nama Pak Ibnu ya menurut kami tidak asing lagi karena beliau juga asli Yogya, ya sudah satu frekuensi begitu. Tapi prosesnya di DPP,” pungkas Harwanta.

Sebelumnya, Yuni Astuti menyatakan mundur dari PAN beberapa hari lalu karena tak lagi nyaman berada di partai tersebut. Yuni sebelumnya disebut menjadi calon terkuat pengganti Hanafi Rais di DPR RI karena perolehan suara peringkat kedua di bawah Hanafi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI