PAN Yogyakarta Usung Heroe Poerwadi Maju Pilkada

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – DPD PAN Kota Yogyakarta melangsungkan agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama. Salah satu rekomendasi penting dalam rakerda yang digelar di Hotel Satya Graha Jalan Veteran Umbulharjo, MInggu (12/12/2021) kemarin itu yakni menetapkan pengusungan Heroe Poerwadi yang saat ini menjabat Wakil Walikota Yogyakarta maju dalam kontestasi pilkada setempat 2024.

Munculnya nama Heroe Poerwadi yang juga merupakan Ketua MPP DPW PAN DIY ini di pilkada bukan kali pertama. Keputusan tersebut merupakan lanjutan mengawal komitmen internal PAN yang sedari awal telah mematok figur untuk maju pilkada.

Sekretaris DPD PAN Kota Yogyakarta, Rifki Listianto membenarkan perihal keputusan rekomendasi tersebut. Menurutnya, sosok Heroe Poerwadi selama ini dipandang bersih dan membawa Kota Yogyakarta dalam rel kemajuan.

“Kota Yogyakarta yang berhati nyaman, secara umum sejauh ini berjalan nyaman-nyaman saja yang salah satunya ditandai tidak adanya gejolak. Selain itu sosok Heroe Poerwadi mampu membangun komunikasi di garis hirarki baik ke pemerintah provinsi dan pusat, serta mampu berkomunikasi dengan kecamatan dan kelurahan, hingga perkampungan,” katanya.

Menurutnya, Heroe Poerwadi juga berhasil membangun keseimbangan perbedaan faksi-faksi politik tanpa kehilangan arah tujuan pembangunan Kota Yogyakarta. Adapun rekomendasi hasil rakerda lainnya antara lain memasang target pemenangan pemilihan legislatif dengan capaian sebanyak sembilan kursi. Target itu meningkatkan tiga kursi dari saat ini sebanyak enam kursi legislator PAN di DPRD Kota Yogyakarta.

“Target sembilan kursi sebetulnya bukan angan-angan, karena PAN pernah berpengalaman mendapatkan sembilan kursi pada dekade awal reformasi,” kata Anggota DPRD Kota Yogyakarta itu.

Kegiatan konsolidasi internal serta penguatan peran saksi, juga menjadi penekanan dalam catatan rekomendasi rakerda tersebut. Satu rangkaian dalam rakerda tersebut dilaksanakan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) se-Kota Yogyakarta dan pelantikan pengurus DPD Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Kota Yogyakarta yang diketuai oleh Lili Sugiarti.

PUAN sendiri merupakan salah satu organisasi perempuan sayap PAN yang kepengurusannya dari tingkat pusat sampai ranting. Hadir dalam pembukaan Rakerda antara lain Ketua DPW PAN DIY Suharwanta Heroe juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto. (*)

BERITA REKOMENDASI