Pandemi, Desa Wisata Bangkit dengan Kolaborasi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pandemi Covid-19 selama satu setengah tahun lebih berdampak luar biasa bagi seluruh desa wisata di DIY. Dibanding 2019 saat ini hanya 10 persen saja wisatawan yang berkunjung ke desa wisata saat dibuka. Sementara saat ini dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) semua desa wisata tutup total.

“Harapannya saat pelonggaran PPKM nanti desa wisata bisa segera meningkatkan pariwisata dengan potensi dan inovasi yang ada,” jelas Ketua Paguyuban BUMDES Indonesia dari Desa Wisata Pindul Sariyanta saat Zoominar Forum Diskusi Ketangguhan Ekonomi Lokal yang digelar Badan Kesbangpol DIY bekerjasama dengan NarasiDesa.com, Kamis (26/8).

Yanta menyebutkan aktivitas desa wisata yang lumpuh berdampak dengan kegiatan ekonomi turunan/pendukung dan kelembagaan pengelola juga lumpuh. “Sesuai tema Zoominar, Adaptasi TouriSME Connect untuk Percepatan Pemulihan Desa Wisata dan Desa Wirausaha perlu strategi pemulihan desa wisata dengan menata kembali kelembagaan, inovasi daya tarik wisata, memaksimalkan UMKM, 1700 UMKM sudah siap dengan kondisi baru, serta implementasi CHSE (Cleanliness/Kebersihan, Health/Kesehatan, Safety/Keamanan, dan Environment/Ramah lingkungan),” tegas Yanta.

Zoominar dibuka Kepala Badan Kesbangpol DIY Dowo Isnuboroto Imam Santoso SH yang menegaskan perlunya bangkit dan berkolaborasi di masa pandemi. “Kegiatan-kegiatan desa wisata terus kita pantau. Bagaimana lembaga-lembaga ekonomi lokal di desa (BUMDesa, Koperasi, Pokdarwis, KUPM, dll) menemukan titik temu kolaborasi untuk ketangguhan ekonomi lokal karena dampak pandemi,” tegasnya.

Hadir juga pemantik materi lainnya, Muchlis Ali dari Local Economic Development – Lead KOMPAK-Bappenas dengan Moderator Cahyadi Joko Sukmono (Pemimpin Umum NarasiDesa.com). “Adaptasi TouriSME Connect perlu segera diwujudkan mengingat potensi ekonomi pariwisata, pendidikan di DIY menyumbangkan 64 persen pendapatan,” jelas Cahyadi menambahkan saat pengantar diskusi. (Vin)

 

BERITA REKOMENDASI