Panggung Exito Bakal Padukan Musik Dangdut dan Rock

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ditengah bermunculannya genre musik baru, dangdut tetap mendapat hati dimata pecintanya. Dangdut yang dulu sering diidentikkan sebagai musik ‘kelas bawah’ dengan penampilan seronok penyanyinya, kini perlahan mengubah diri menjadi tontonan menarik yang pantas untuk disuguhkan.

Musik dangdut pernah berjaya di Yogya sekitar tahun 90-an dengan adanya panggung Purawisata. Terletak di Jalan Brigjen Katamso Yogyakarta, tempat ini selalu menggelar konser yang hampir tiap malam dipenuhi para penggemar dangdut untuk bergoyang.

Tempat yang juga sering disebut dengan nama Taman Hiburan Rakyat (THR) ini kala itu menjadi pusat hiburan dangdut di Yogya. Nama-nama pedangdut lokal seperti Vivin Vania, Oky Ardila hingga Yayuk Parabola pernah lahir dari panggung ini.

Namun sekitar tahun 2013 Purawisata resmi ditutup. Sejak itulah para seniman dangdut kehilangan tempat untuk berekspresi dan praktis pula penggemar musik ini tak bisa menonton orkes maupun penyanyi idola mereka.

Panggung Exito yang berada di Komplek XT Squar Yogyakarta memberi penawar akan kegelisahan palaku dangdut. Dari Exito ini pula kecintaan penggemar dangdut Yogya terobati untuk dapat merasakan hentakan alunan kendang dan cengkok khas penyanyi-penyanyi cantik.

Penanggungjawab program acara hiburan musik Exito, KRT Poerbokusumo mengatakan musik dangdut tetap memiliki penggemar setia. Exito ingin mewadahi keinginan para seniman dangdut maupun penggemarnya untuk berekspresi agar musik ini tetap ada di tengah masyarakat.

“Musik dangdut memiliki banyak penggemar maupun orang yang bergelut di dalamnya. Kami ingin menampung itu untuk memberikan sesuatu yang baik bagi masyarakat,” ungkap Poerbokusumo saat berbincang dengan KRJOGJA.com di Exito, Jumat (08/03/2019) malam.

Antusiasme masyarakat akan adanya panggung dangdut di Exito ini cukup tinggi. Terbukti tiap malam panggung hiburan yang berada di Jalan Veteran Yogyakarta tersebut tak pernah sepi penonton.

Soal penyanyi yang manggung di Exito, Poerbokusumo memiliki standar yang cukup ketat. Para penyanyi dangdut dilarang untuk berpenampilan seronok dan tetap menjaga norma kesopanan. Bahkan jika penyanyi tersebut memiliki potensi yang bagus, Poerbokusumo tak segan untuk merekrutnya guna manggung secara tetap di Exito.

"Saya memang ketat untuk mengawasi musik dangdut, acara musik di Exito harus digunakan untuk hiburan yang sehat. Penyanyi pakaianya harus lebih tertutup, kita cari yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Dengan suaranya, bukan semata-mata memperlihatkan tubuhnya," katanya.

Kepada para pengunjung, Poerbokusumo juga memberikan larangan tegas terkait minuman keras (miras). Ia memastikan kawasan Exito steril dari miras sehinga tak ada potensi keributan yang bakal terjadi sehingga penonton dapat nyaman menikmati sajian musik.

Poerbokusumo mengungkapkan, panggung Exito juga pernah digoyang oleh penyanyi dangdut terkenal di tanah air seperti Via Vallen dan Nella Kharisma. Dalam dua penampilan pedangdut tenar itu Exito dipenuhi penonton maupun penggemar Via Vallen dan Nella Kharisma.

"Terakhir kita datangkan Via Vallen sampai gedung ini tidak muat lagi karena banyak banget yang datang. Begitupun saat Nella Kharisma, bahkan ia dua kali manggung di sini dan semuanya banyak penonton," ujarnya

Untuk membuat Exito lebih menarik, Poerbokusumo memiliki terobosan menarik bagi pecinta musik. Ia akan menggabungkan musik dangdut dengan rock untuk dapat dinikmati dalam hari pementasan yang sama.

"Ini program baru, dimana rock dan musik dangdut bisa tampil pada satu waktu. Tidak menutup kemungkinan pula mereka akan saling berkolaborasi. Kita lihat saja kejutannya nanti," jelas Poerbokusumo.

Memadukan dangdut dan rock ini nantinya akan digelar dalam ada dua sesi. Dalam satu sesi akan diisi 8 – 9 penyanyi dangdut dan pada sesi berikutnya diisi pula oleh 8 – 9 musisi rock. “Jadi dalam satu hari bisa ada 18 kali pementasan,” tambahnya.

Program ini sudah mulai disuguhkan pada tiap Jumat malam. Hasilnya, ternyata kolaborasi antara dangdut dan musik rock dapat dinikmati penonton. Bahkan pengunjung yang datang terbilang banyak hingga memenuhi Exito.

Exito masih akan memberikan kejutan-kejutan untuk penggemar musik di Yogya. Untuk pementasan Sabtu (09/03/2019) malam nanti, Exito bakal disemarakan oleh dangdut lawasan Goro-goro Rebon. Akan tampil diantaranya Tarti Puspita, Luluk Arshinta, Wulan Arishka, Mita Paramitha, Siska Paramitha, Lely Mentol, Eriska Maharani dan Mona Lisa. (Ive)

BERITA REKOMENDASI