Panglima TNI ‘Nyekar’ Pangsar Soedirman

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Suasana Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta Selasa (19/9/2017) siang terlihat berbeda dari biasanya. Ratusan prajurit TNI terlihat khusuk memanjatkan doa di pusara para pahlawan bangsa. 

Diantara para prajurit, ternyata hadir Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo yang secara khusus datang ke Yogyakarta. Gatot tampak khusyuk duduk di dekat pusara Panglima Besar (Pangsar) Jendral Soedirman. Ia tampak serius memanjatkan doa sebelum kemudian menaburkan bunga di atas pusara pahlawan yang dikenal dengan strategi perang gerilya ini. 

Lagu Gugur Bunga yang dikumandangkan selama prosesi pun membuat suasana semakin khidmat. Seluruh pusara pahlawan yakni Menteri Soepeno, Oerip Soemoharjo dan Hj Siti Alfiah Soedirman tak luput dari perhatian Panglima TNI beserta rombongan. 

Kepada wartawan usai melaksanakan prosesi tabur bunga, Gatot mengatakan bahwa ziarah ke Makam Pangsar Soedirman memang sengaja dilakukan untuk menanamkan nilai kebesaran almarhum pada seluruh prajurit TNI. Menurut dia, sosok Pangsar Soedirman merupakan figur luar biasa yang sangat layak dicontoh sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan bangsa. 

"Hari ini selesai dari Makam Pak Harto saya ke pusara Pangsar Soedirman karena beliau adalah panglima pertama TNI dan dikenal sebagai panglima sederhana serta dekat dengan prajurit dan dia adalah kiyai. Dia meninggal 34 tahun 5 hari dengan gelar panglima. Saya mewakili prajurit TNI untuk memanjatkan doa agar almarhum dan seluruh pahlawan di sini Syuhada di hadirat Tuhan, dan kami juga juga ingin meminta prajurit meneladani perjuangan beliau," ungkapnya. 

Soedirman menurut Gatot meletakkan dasar berharga bahwa TNI lahir dari rakyat sehingga harus terus bersinergi dalam kehidupan berbangsa kedepan. "Saat ini TNI harus semakin mendekat dengan rakyat dan tentara tak bisa dipisahkan dari rakyat. Bohong kalau TNI berjuang memerdekakan bangsa tapi rakyatlah yang berjuang dan Jendral Sudirman mengingatkan kita semua akan hal tersebut, itu pulalah yang kemudian jadi tema ulang tahun ke-72, yakni Bersama Rakyat TNI Kuat," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI