Pantau Kelengkapan Izin Usaha, Forpi Yogya Sidak Toko Modern

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terhadap keberadaan salah satu toko modern berjejaring yang berada di jalan Cendana Umbulharjo Kota Yogyakarta. Pemantauan ini dilakukan guna memastikan ada atau tidaknya Izin Usaha Toko Modern (IUTM) yang dimiliki oleh toko modern tersebut.

"Pemantauan ini untuk memastikan kepatuhan toko berjejaring terhadap izin dan investasi usaha yang sehat," kata koordinator Forpi Kota Yogya, Baharuddin Kamba, kepada Krjogja.com. Jum'at (13/09/19).

Dari pantauan tersebut, Kamba mendapati toko modern yang terletak di kompleks sekitar perkantoran Umbulharjo Kota Yogyakarta.

"Ada satu karyawan di toko itu mengatakan bahwa toko modern yang terletak di komplek perkantoran itu sudah satu bulan beroperasi. Saat ditanya soal  Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS) justru memberikan nomor kontak yang mengurus perizinan," ucap Kamba.

Kamba mengaku sudah mencoba menghubungi nomor yang diberikan tersebut. Namun tidak mendapat respon baik panggilan maupun pesan singkat.

Forpi Kota Yogyakarta berharap kepada Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini Satuan Polisi (Satpol) PP Kota Yogyakarta melakukan tindakan tegas terhadap para pemilik toko modern yang melanggar aturan atau tidak memiliki izin usaha.

Kamba menyebut, jika terus dibiarkan, maka keberadaan toko modern yang tidak berizin di Kota Yogyakarta akan semakin menjamur karena mereplika para pelanggar yang lainnya dan keberadaan toko kelontong milik rakyat kecil lambat laun akan 'mati suri'.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta, ada 25 toko waralaba yang sampai saat ini belum memperpanjang IUTS.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan DPMP Kota Yogyakarta, Gatot mengatakan sampai saat ini memang masih banyak toko modern berjejaring yang belum melakukan perpanjang izin bahkan ada yang belum memiliki izin operasi.

"Yang belum perpanjangan IUTM memang 25, namun untuk semua jenis toko modern tidak hanya minimarket saja, tapi juga termasuk supermarket, hypermarket, departemenstore," kata Gatot saat dikonfirmasi Krjogja.com pada Senin (09/09/19).

"Sebenarnya IUTS itu kan sudah layanan online, gratis juga, kami juga heran kok pada tidak mencari izinnya. Ini yang harus masih kami tegaskan," imbuhnya. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI