Panwaslu Kota Yogyakarta Gencarkan Sosialisasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Dalam melaksanakan kerja pengawasan tahapan Pemilu 2019, baik Pileg maupun Pilpres, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Yogyakarta sudah memiliki perencanaan program pengawasan, tindakan pencegahan, pengawasan kegiatan dan penindakan pelanggaran.

"Kami sudah melakukan tindakan pencegahan untuk menekan pelanggaran pada tahapan Pemilu 2019 dengan memberikan himbauan tertulis dan melakukan sosialisasi," tutur Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta Iwan Ferdian Susanto didampingi komisioner Panwaslu Kota Yogyakarta lainnya, Tri Agus Inharto dan Noor Harsya Aryo dalam Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif  di Sakanti Malioboro Hotel Yogyakarta, Kamis (14/12/2017).

Dijelaskan Iwan, pihaknya akan terus membuat himbauan tertulis sesuai tahapan yang sedang berlangsung. Sosialisasi ini menurut Iwan juga sebagai bentuk tanggungjawab Panwaslu Kota Yogyakarta dalam melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Kami juga sampaikan sosialisasi pada pemilih pemula, sosialisasi pengawasan dengan ormas dan orpol, sosialisasi dengan media massa serta sosialisasi pengawasan melibatkan panwascam di Kota Yogyakarta," ungkapnya.

Selain itu, Iwan juga menyebut akan melakukan sosialisasi dengan sejumlah stakeholder, penyandang disabilitas serta pihak terkait lain.

Panwaslu Kota Yogyakarta juga membuat program relawan pengawas pemilu dengan tajuk 'Pemuda Peduli Pemilu'.

"Relawan ini nantinya akan membantu Panwaslu Kota Yogyakarta dalam melakukan kerja pengawasan," sebut Iwan.

Ke depan menurut Iwan, Panwaslu Kota Yogyakarta juga akan merilis indeks karawanan pmilu (IKP) Kota Yogyakarta. Hal tersebut sebagai upaya untuk memetakan potensi pelanggaran Pemilu yang akan mungkin terjadi di Kota Yogyakarta. (Feb)

BERITA REKOMENDASI