Paradigma Pendidikan Baru, Guru Sebagai Fasilitator dan Katalisator

YOGYA (KRJOGJA.com) – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud bersama Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) terus memberikan pelatihan-pelatihan untuk mengubah mindset dan perilaku guru. Yaitu fungsi guru yang lebih menjadi fasilitator, katalisator sekaligus pemimpin perubahan pada paradigma pendidikan yang baru.

Pendiri GSM, Muhammad Nur Rizal mengatakan, ada orientasi dan strategi yang salah di dalam pengembangan profesionalisme guru, yaitu ketidaksinkronan antara materi pelatihan dengan sistem penilaian karir guru yang cenderung administratif, bukan pada performa mengajar yang sebenarnya.

Menurut dia, berdasarkan banyak wawancara dengan guru di lapangan, mereka menyatakan bahwa kurikulum dan pendampingan guru tersebut tidak cukup praktis dan operasional untuk diterjemahkan ke dalam proses pembelajaran dan aktivitas di dalam kelas. “GSM memiliki arah dan strategi pelatihan dan pendampingan guru yang berbeda dengan yang telah dilakukan oleh pemerintah sebelumnya,” terang Nur Rizal dalam keterangan tertulis kepada KRJOGJA.com, Rabu (24/3/2021).

BERITA REKOMENDASI