Pariwisata Sektor Karakteristik Potensi DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY berencana membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang menggarap sektor yang menjadi karakteristik potensi DIY. Kehadiran KEK tersebut bakal menjadi magnet bagi investor untuk menanamkan modal seoptimal mungkin dan mampu menjadi motor penggerak utama roda perekonomian di DIY.

Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal DIY Drs Arief Hidayat menjelaskan, KEK merupakan fasilitas yang diberikan kepada Pemerintah meliputi suatu lahan dengan diberikan kebijakan-kebijakan yang sifatnya kemudahan dan keringanan kepada pengusaha. Tetapi pengusaha yang ada di dalam KEK di antaranya harus berorientasi ekspor dan sesuatu yang bisa meningkatkan ekonomi di daerah secara khusus.

"Hal ini akan beranjak pada tahap kedua yaitu karakteristik dan potensi ekonomi yang dimiliki DIY jika akan membuat KEK. Kita tidak mungkin membuka KEK untuk sektor industri di DIY. Jadi kita harus kaitkan dengan karakter potensi yang dimiliki DIY," tandas Arief.

Menurutnya, sektor yang menjadi karakteristik potensi di DIY hanya ada tiga yaitu kebudayaan, pendidikan dan pariwisata. Harapannya apabila salah satu sektor andalan di DIY tersebut terpilih dan digarap, maka bangkitan atau ikutan sektor lainnya akan ikut bertumbuh. (Ira)

BERITA REKOMENDASI