Pariwisata Yogyakarta Optimis Bangkit

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Walikota Yogya Haryadi Suyuti optimis industri pariwisata mampu segera bangkit di tengah pandemi Covid-19. Hal ini seiring munculnya komitmen bersama antara pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta. Salah satunya berhasil dikukuhkannya Tim Satgas Covid-19 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta.

“Komitmen luar biasa dari rekan-rekan PHRI dalam usahanya membangun pariwisata di Kota Yogya terutama respons cepat dan tanggapnya dalam penerapan protokol kesehatan, sehingga kita dapat memberikan rasa aman serta nyaman kepada para wisatawan,” jelas Haryadi.

Menurut Haryadi, pariwisata merupakan sektor yang mempunyai peranan besar dalam perekonomian Kota Yogya. Di antaranya menunjang pendapatan asli daerah, membuka lapangan kerja dan penyerapan angkatan kerja sekaligus daya tarik wilayah baik di mata nasional maupun internasional.

Untuk itu sudah seharusnya pariwisata mendapatkan fokus dan perhatian lebih agar dapat kembali bangkit. Oleh karena itu dirinya berharap dengan pengukuhan ini dapat semakin mempererat hubungan dan kerja sama sesuai koridor yang telah ditetapkan, sehingga sektor pariwisata di Kota Yogya dapat segera pulih dan berkembang lebih baik lagi. “Kita harus terus berkomitmen untuk menekan jumlah persebaran Covid-19 secara bahu membahu demi kemajuan pariwisata Kota Yogya,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogya Wahyu Hendratmoko, mengungkapkan keberadaan Tim Satgas Covid-19 PHRI tersebut akan membantu Pemkot dengan melaksanakan self assessment terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di hotel dan restoran yang menjadi anggota BPD PHRI DIY di wilayah Kota Yogya. Inisiatif dari PHRI itu pun patut diapresiasi karena membantu pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan.

Hingga saat ini ada sekitar 127 permohonan verifikasi protokol kesehatan di bidang usaha jasa pariwisata. Dari jumlah tersebut Dinas Pariwisata telah menyelesaikan 103 verifikasi. Sisanya akan diselesaikan sampai akhir bulan ini.

Diakuinya, Pemkot berkomitmen kuat untuk bisa menyelamatkan dan membangkitkan berbagai sektor yang terdampak akibat pandemi ini. Tidak terkecuali dengan sektor pariwisata yang pada tahun lalu secara statistik telah berhasil membukukan kontribusi terhadap perekonomian Kota Yogya hingga mencapai hampir 20 persen dari total pendapatan asli daerah.

“Pemkot melalui Satgas Penanganan Covid19 Kota Yogya yang dipimpin oleh Walikota berupaya melakukan inovasi dan mencari potensi serta membuat program terobosan yang bisa dilakukan untuk segera bisa secepatnya merecoveri sektor pariwisata di Kota Yogya,” tandas Wahyu.

Beberapa hal yang telah dilakukan dimulai dengan pemberian hibah pariwisata, penerapan protokol kesehatan di semua industri pariwisata, inovasi layanan pariwisata di era pandemi, penyediaan sarana dan prasarana kebersihan di destinasi pariwisata hingga pelatihan protokol kesehatan yang baru kepada semua pelaku pariwisata. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI