Parpol Wajib Beri Pendidikan Politik Berjiwa Pancasila

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan serentak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPRD serta DPD RI menjadi sejarah baru bagi bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Kondisi ini tentu mensyaratkan masyarakat Indonesia harus memahami politik dengan benar sesuai rambu hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Kepala Sub Direktorat Partai Politik Kemenkumham RI, A Ahsin Thohari SH MH mengatakan, agar pilihan politik ataupun pemberian hak suara benar-benar berdasarkan pilihan hati nurani dan rasional, masyarakat perlu mendapat pendidikan politik yang memadai. "Hal ini sejalan dengan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang kewajiban Parpol melaksanakan pendidikan politik kepada konstituen," terang Ahsin disela Diskusi Panel bertema 'Pendidikan Politik dan Pembumian Nilai-Nilai Pancasila' di Hotel Eastpark Yogyakarta, Kamis (27/9/2018).

Menurut Ahsin, berdasarkan pasal UU tersebut, pendidikan politik sejatinya menjadi kewajiban setiap partai politik. Pendidikan politik tersebut di antaranya menyangkut pendalaman dan pemahaman mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. "Pendidikan politik yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu terutama memasuki tahun politik ini," katanya.

Dijelaskan Ahsin, bangsa Indonesia beruntung memiliki Pancasila yang memuat nilai moral meliputi ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah mufakat dan keadilan sosial. Pancasila menjadi titik temu berbagai golongan yang sangat beragam dimiliki Indonesia. "Kita mengokohkan kembali keberadaan Pancasila sebagai rujukan tertinggi dalam konteks berbangsa dan bernegara. Sehingga bangsa Indonesia menjadi lebih dewasa dalam berdemokrasi dan tercipta Pemilu damai yang menyenangkan bagi rakyat," katanya.

Sub Direktorat Partai Politik yang merupakan unit kerja Kemenkumham turut berperan aktif dalam pendidikan politik dan pembumian nilai nilai Pancasila. Dengan cara mengedukasi seluruh elemen masyarakat terutama Parpol tentang bagaimana berperilaku politik yang baik dengan membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI