Pasar Mustokoweni Hadirkan Kuliner Organik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bagi pecinta kuliner organik, pasar ini bisa dijadikan rujukan utama untuk dapat menemukan makanan-makanan sehat. Berada di Jalan AM Sangaji Yogyakarta, tempat ini sering disebut sebagai Pasar Mustokoweni. Diberi nama itu karena lokasi tempat berdirinya pasar merupakan sebuah penginapan tua yang bernama Hotel Mustokoweni.

Berbeda dengan pasar pada umumnya, Pasar Mustokoweni ini menyajikan menu berbahan organik. Karena organik maka dipastikan di tempat ini tak bakal menjual olahan makanan yang menganding 'MSG'.

"Sebenernya kalau dibilang semua berbahan organik, sebisa mungkin itu organik. Tapi organik itukan kompleks dan kadang bahan organik itu mahal dan kita tidak berani buat jualnya. Yang pasti di sini seluruh makanan dibuat tanpa MSG," tutur Pimpinan Pasar Mustakoeni, Sarah kepada KRJOGJA.com, Sabtu (09/02/2019).

Di tempat ini para pembeli dapat menjumpai berbagai menu tradisonal seperti bubur ‘ndeso’, nasi kuning. Aneka jajanan pasar juga disediakan di sini semisal bakwan, mendoan, lumpia hingga wedang jahe yang tentinya dijual dengan harga terjangkau.

Para pengunjung juga dapat menikmati kehangatan suasana bersama keluarga sambil menikmati rimbunnya pepohonan di Pasar Mustokoweni. Hendak makan sambil duduk di kursi ataupun bercengkerama sambil lesehan juga tersedia di tempat ini.

Seiring dengan perkembangan jaman, para pedagang di pasar ini juga telah menyediakan vasilitas pembelian secara online. Beberapa menu andalan telah tersaji dalam aplikasi pengantaran makanan sehingga penikmat kuliner dapat memesannya cukup dari rumah.

Sarah mengungkapkan, pasar ini sebelumnya pernah digelar dengan nama Pasar Sagan sekitar dua tahun lalu di kawasan Sagan Gondokusuman Yogyakarta. Karena lokasinya berpindah ke Hotel Mustokoweni, maka sejak April tahun lalu namanya berubah menjadi Pasar Mustokoweni.

“Uniknya dari Pasar Mustokoweni, tempat ini tak setiap hari buka. Pasar ini hanya buka dua kali dalam satu bulan yakni hari Sabtu pada minggu kedua dan keempat,” tambahnya.

Pada Sabtu yang ditentukan, pasar ini akan buka sejak pukul 10.00 hingga 13.00 WIB. Bagi yang penasaran dan ingin mendapatkan kuliner organik, Pasar Mustokoweni merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungai. (Evi Nur Afiah)

BERITA REKOMENDASI