Pasuruan Banjir, KA Logawa dan Sri Tanjung Terganggu

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Banjir yang terjadi di wilayah Pasuruan Jawa Timur berdampat terhadap perjalan sejumlah kereta api (KA). Terutama rangkaian KA dengan tujuan maupun keberangkatan Jember. Khusus wilayah Daop 6 Yogya, ada dua rangkaian yang terdampak, yakni KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Jember dan KA Logawa relasi Purwokerto-Jember.

Kendati demikian, KA Sri Tanjung maupun Logawa dipastikan akan kembali normal mulai Sabtu (02/07/2016) pagi. "Kedua kereta api milik Daop 6 Yogya itu sejak kejadian banjir pada Kamis (30/06/2016) kemarin langsung terdampak. Bahkan khusus KA Logawa tertahan di Stasiun Bangil dan tidak bisa melanjutkan perjalanan," ungkap Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogya, Eko Budiyanto, Jumat (01/07/2016).

Eko mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Daop 9 Jember terkait kondisi terkini penanganan banjir tersebut. Lintasan yang tergenang air terjadi di lintas Pasuruan-Bangil sepanjang 800 meter. Bantalan rel terkikis lantaran terjangan banjir. Kereta dari Jember maupu Banyuwangi yang hendak menuju ke barat atau arah Yogya pun otomatis tidak bisa beroperasi.

Proses perbaikannya pun dikebut dan ditarget selesai dini hari. Oleh karena itu, mulai pagi hari ini perjalanan KA Logawa maupun Sri Tanjung sudah kembali normal. KA Logawa berangkat dari Stasiun Lempuyangan pukul 08.55 WIB, sedangkan KA Sri Tanjung pukul 07.15 WIB. "Kejadian ini tidak sampai menimbulkan penumpukan pemudik di wilayah Yogya karena rangkaian kereta yang ke arah Jember hanya satu rangkaian. Berbeda jika ada masalah di Jakarta, bisa jadi di Yogya akan terjadi penumpukan," urai Eko.

Sedangkan selama kejadian banjir di lintas Pasuran-Bangil belum tertangani, pihak KAI mengembalikan uang tiket secara penuh ke penumpang. Bahkan, rangkaian kedua kereta tersebut tetap dioperasikan meski hanya sampai Surabaya. Penumpang tujuan Jember yang hendak naik tetap dipersilakan tanpa ada pungutan biaya karena maksimal diturunkan di Surabaya.

"Penumpang yang sudah pesan tiket ke Jember justru bisa naik kereta gratis, tapi sampai Surabaya karena uang tiket dikembalikan 100 persen," pungkasnya. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI