PB Ancuku Intensifkan Latihan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Memasuki usia 12 tahun, Persatuan Bulutangkis (PB) Ancuku Yogyakarta, terus mengintensifkan latihan demi meningkatkan prestasi. Di usianya yang ke-12 tahun, PB Ancuku telah menorehkan sejumlah prestasi di kancah perbulutangkisan Yogyakarta. Klub bulutangkis yang didirikan Irjen Pol (Purn) Drs Haka Astana Mantika Widya SH, menampung sejumlah pemain dari anggota polisi aktif, pensiunan polisi, dan masyarakat umum, berlatih di GOR Ancuku Kadipiro, Yogyakarta. Para pemain yang bergabung di PB Ancuku, mulai dari kategori Remaja, Taruna, Dewasa, dan ‘kapuk’ alias usia di atas 50 tahun.

Dari masing-masing kategori tersebut, PB Ancuku memiliki pemain yang bisa diandalkan dalam sejumlah kejuaraan di Yogya dan sekitarnya. Di kategori remaja, ada nama M Dzaky yang prestasinya di tingkat pelajar tidak perlu diragukan lagi. Sementara di kategori Taruna ada nama-nama Andy Dul, Hengky, Iwan, Sutarno, dan Parjiyanto.

Sedangkan khusus pemain yang berasal dari anggota polisi, PB Ancuku mengandalkan AKP Annas MZ, AKP Kusnaryanto, Iptu Deny Ismail, Iptu Ryan Handono, Ipda Nanang, Ipda Agung Untoro, Aiptu Marsudi, dan Bripka Bayu. Mereka sudah berkali-kali menjadi champion (perorangan maupun beregu) dalam sejumlah kejuaraan antarpolres yang digelar Polda DIY.

Sementara itu, pemain-pemain yang tergolong kelas ‘kapuk’ juga tidak mau kalah prestasinya dengan yang muda-muda, yakni berhasil merajai sejumlah kejuaraan antarkampung (tarkam) yang diselenggarakan di beberapa daerah. Meski sifatnya tarkam tetapi pesertanya merupakan mantan-mantan pebulutangkis yang pernah merajai di peta bulutangkis DIY pada masanya masing-masing.

Ada Nama Supriyanto, Widodo, Aribowo, Suharno, Yusman, Taufik Hidayat, Joko Triyono, dan Handa. Nama terakhir (Handa) merupakan jebolan PB Ancuku yang kini melatih salah satu klub di Uni Emirat Arab.

Pembina sekaligus Ketua Umum PB Ancuku Irjen Pol (Purn) Drs Haka Astana Mantika Widya SH didampingi Ketua Joko Triyono, Sabtu (22/01/2022) menyampaikan bersyukur atas prestasi yang telah diraih para pemain PB Ancuku. Meski lebih banyak bersifat rekreatif, ternyata beberapa pemain mampu meramaikan khasanah bulutangkis di Yogya.

Karena itulah, Haka Astana meneguhkan tekad untuk
nguri-uri PB Ancuku agar para pemainnya bisa berprestasi lebih tinggi lagi. “Kami juga membuka kesempatana bagi pemain-pemain muda, baik dari Polri maupun umum untuk bergabung di PB Ancuku,” tandas Haka Astana.

Para pemain PB Ancuku ditempa berlatih dua kali seminggu di GOR Ancuku dengan tujuan agar mampu meraih prestasi di sejumlah kejuaraan. Selain itu, di luar jadwal latihan tetap (Minggu dan Rabu), beberapa pemain juga mengasah diri di beberapa klub.

Dengan cara itulah, para pemain PB Ancuku mampu meningkatkan teknis bermain dan menjaga stamina. “Mesti telah meraih hasil cukup memuaskan, kami tidak berpuas diri. Latihan rutin terus dilakukan secara kontinyu,” ujar Haka Astana (Hrd)

BERITA REKOMENDASI