PBBN Gelar Upacara Kesaktian Pancasila dengan Berkebaya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komunitas Pecinta Budaya dan Busana Nusantara (PBBN) menggelar Upacara Kesaktian Pancasila, Kamis (01/10/2021) pagi di Halaman Jawir Creative Space, Hotel Brongto Suryodiningaratan Yogya. Menariknya semua peserta upacara berkebaya sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan budaya nusantara Kebaya yang dikenakan juga beragam dari berbagai penjuru nusantara.

Anggota PBBN upacara bersama manajemen Jawir dan warga sekitar. Bertindak selaku Inspektur Upacara Penasihat PBBN Dra Angela Wuryantari Widowati dengan Komandan Upacara Resti Sinamo dan Ketua PBBN Tuti Purwani SH membacakan Pembukaan UUD dan Ikrar. “Nguri-uri budaya dengan selalu mengenakan kain kebaya dalam setiap kegiatan bersama tematik,” ucap Ketua PBBN Tuti Purwati SH kepada KR usai Upacara.

Acara dilanjutkan ramah tamah, line dance, bermain angklung dan peragaan busana kebaya. “PBBN baru berdiri Juni 2021 dengan berbagai kegiatan dan juga mengajak milenial untuk mencintai kekayaan budaya Nusantara/Indonesia yang mulai tergerus,” jelasnya.

Berbagai kegiatan seperti sepeda gembira dengan berkebaya, latihan angklung bersama warga, latihan line dance juga pemberdayaan perempuan dengan pelatihan ecoprint, kain jumputan, dan lainnya,” jelas staf Vokasi UGM yang juga pengusaha travel ini.

Manajer Jawir, Hasta P Adhitama menyebutkan dalam berbagai kegiatan budaya, Jawir selalu merangkul PBBN. “Anggota PBBN bisa berkumpul, berkegiatan di Jawir,” jelasnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI