PD Satria DIY Adakan Pelatihan Kader

YOGYA, KRJOGJA.com – Pimpinan Daerah, Satuan Relawan Indonesia Raya (PD Satria) DIY mengadakan pelatihan kader di Hotel Tasneem Purawisata Yogyakarta, Minggu (22/4/2018) diikuti puluhan kader Partai Gerindra DIY. Tema yang diangkat 'Keistimewaan DIY sebagai Motivasi dan Indentitas' dengan materi disampaikan akademisi UGM Prof Dr Irwan Abdullah.

Ketua PD Satria DIY Donny Ardana mengatakan, pelatihan dimaksudkan untuk membekali para kader mengenai peta masalah yang sedang dihadapi DIY, salah satunya soal keistimewaan. Menurut Donny, masih banyak kader PD Satria yang juga merupakan kader Partai Gerindra belum dalam memahami tentang keistimewaan itu. "Diharapkan dengan pelatihan ini terbuka wawasan tentang keistimewaan dan permasalahannya, sehingga kader-kader Gerindra siap turun ke masyarkat bersama-sama mencari solusi terbaik," terang Donny kepada wartawan disela acara.

Menurut Donny, Perdais perlu terus disempurnakan agar dampaknya lebih terasa bagi kesejahteraan masyarakat DIY. Jangkauannya juga diperluas tidak hanya berkutat pada pengembangan infrastruktur maupun budaya, tapi juga penanaman nilai-nilai kearifan lokal. "Pelatihan kader akan terus diadakan secara marathon dengan tema dan pemateri berbeda, hingga jelang Pemilu 2019," katanya.

Irwan Abdullah dalam pemaparannya mengatakan, dalam kehidupan bermasyarakat terdapat masalah-masalah antara lain konflik dan disintegrasi, kemiskinan dan ketimpangan serta kualitas sumber daya manusia yang rendah. Konflik ditandai dengan solidaritas yang renggang antar warga serta kepedulian sesama yang menipis. Sedangkan rendahnya kualitas SDM ditandai rendahnya partisipasi pendidikan, angka buta huruf yang tinggi dan pengangguran. "Kearifan lokal menjadi potensi dan solusi atas permasalahan tersebut," katanya. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI