PDIP DIY Tetap Inginkan Megawati Ketua Umum Partai

YOGYA, KRJOGJA.com – Menindaklanjuti Rapat Kerja Nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang telah digelar di Jakarta pada 19 Juni kemarin, PDIP DIY juga menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Gowongan In Yogyakarta, Jumat (21/6/2019). Dalam Rakerda tersebut dilakukan penjaringan aspirasi pengurus, kader dan simpatisan PDIP siapa sosok pemimpin yang akan diusulkan sebagai Ketua Umum pada Kongres ke-5 PDIP yang dijadwalkan Agustus mendatang.

"Setelah menanyakan kepada semua Ketua PAC, Ketua DPC dan Ketua DPD yang hadir dalam Rakerda, secara aklamasi semuanya menginginkan Ibu Megawati Soekarnoputri dicalonkan dan dikukuhkan sebagai Ketua Umum PDIP kembali," terang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan saat jumpa pers di sela Rakerda. Sosok puteri Bung Karno itu masih sangat dibutuhkan terutama sebagai konsekuensi kemenangan PDIP di Pileg maupun Pilpres lalu. Turut mendampingi Hasto, Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto, Wakil Ketua DPD PDIP DIY Eko Suwanto dan Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana.

Menurut Hasto, PDIP tidak pernah kekurangan stok pemimpin. Regenerasi sudah built-in di tubuh partai. Tapi di tingkat nasional, sosok Megawati masih tetap diperlukan. "Pada kongres tahun 2015 pun sebenarnya Megawati sudah memberikan kewenangan untuk mengusulkan ketua umum yang baru tapi dinamika politik maupun arus bawah pun masih menempatkan Megawati sebagai sentra kekuatan politik untuk memimpin PDIP," ujarnya

Dikatakan Hasto, sebelum Kongres ke-5, akan diadakan Konvercab dan Konverda serentak pada 29 Juni mendatang sebagai mekanisme konsolidasi. Dalam Konvercab dan Konverda tersebut akan disusun program-program dan sikap politik PDIP di masing-masing daerah yang akan dibawa ke Kongres. Untuk itu pengusus PAC, DPC dan DPD harus mendengarkan aspirasi arus bawah di internal partai maupun masyarakat. "Program-program yang diusulkan DIY tentunya yang mengedepankan kebudayaan sebagai jati dirinya," katanya.    

Ketua DPD PDIP DIY Bambang Praswanto mengatakan, dalam Rakerda ini pihaknya mengundang semua Ketua PAC, DPC PDIP diseluruh DIY untuk mempersiapkan diri melakukan konsolidasi dalam rangka menghadapi Konverda dan Konvercab serentak, 29 Juni mendatang.

"Kita beri dua hari untuk melakukan konsolidasi secara baik, termasuk menentukan utusan-utusan yang akan dikirim ke Kongres, nama-nama calon ketua pengurus, program-program internal PDIP di DIY. Sehingga pada Minggu 23 Juni sudah siap untuk dikirim ke DPP," katanya.

Wakil Ketua DPD PDIP DIY Eko Suwanto menyampaikan terima kasih atas kepercayaan rakyat pada PDIP dan Jokowi-Ma'ruf Amin.
"Kemenangan ini tentu kita persembahkan bagi kebahagiaan rakyat dengan menampilkan kebijakan pembangunan yang meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi rakyat," ujar Eko.(Dev)

BERITA REKOMENDASI