PDIP Kota Yogya Dirikan Posko Dapur Umum

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kota Yogya dan Fraksi PDIP DPRD Kota Yogya, Minggu (15/8) secara serentak membuka Posko Dapur Umum (PDU) Untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19.

Peluncuran Posko Dapur Umum (PDU) DPC PDIP Kota Yogya dipusatkan di lima kawasan berdasarkan titik daerah pemilihan (Dapil) yang ada dan dikoordinir langsung para wakil rakyat dan Fraksi PDIP Kota Yogya untuk penerjunan para relawan di tiap kecamatan.

“Posko Dapur Umum sebagai bentuk solidaritas akibat pandemi Covid-19 agar kira mampu tolong menolong dan gotong royong membantu warga yang menjalani isoman karen terdampak pandemi Covid-19,” kata Ketua DPC PDIP Kota Yogya, Eko Suwanto saat peluncuran Posko Dapur Umum di Keparakan Lor, Mergangsan, Yogya, Minggu (15/08/2021). Ditambahkan, Posko Dapur Umum yang menjadi inisiatif DPC PDIP dan Fraksi PDIP Kota Yogya untuk membantu para tenaga kesehatan (nakes) yang ada di klinik kesehatan tingkat kecamatan.

“Tata cara penyampaian bantuan melalui Posko Dapur Umum berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di tiap wilayah agar sesuai dengan protokol kesehatan (prokes). Kami juga mengajak masyarakat menaati prokes,’ ujar Eko Suwanto.

Eko Suwanto mendesak pemerintah melakukan lima hal yang perlu jadi perhatian dalam menyikapi pandemi Covid-19. Pertama, kerja keras penanganan pandemi Covid-19 agar penularan menurun. Kedua, kerja keras pemulihan kebangkitan ekonomi akibat banyaknya masyarakat kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Ketiga, mengalokasikan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Keempat, melindungi dan memperhatikan anak-anak dari paparan virus korona. Kelima, melakukan percepatan vaksinasi Covid-19.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Yogya Antonius Suhartono didampingi Subagyo dan Yustinus Keliek Mulyono menyampaikan Posko Dapur Umum di Dapil 1 mengcover warga isoman di Mantrijeron, Kraton, dan Mergangsan. “Kami bertiga bersama anggota DPRD Kota Yogya lain dan Fraksi PDIP Kota Yogya, akan gotong royong bersama relawan di tiap PAC membagi bantuan bagi warga yang menjalani isoman,” kata Antonius Suhartono.

Dalam waktu bersamaan, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Yogya GM Deddy Jati Setiawan didampingi anggota Komisi B DPRD Kota Yogya Ipung Purwandari SH dan anggota Komisi D DPRD Kota Yogya Suryani juga melakukan peresmian Posko Dapur Umum PDIP Kota Yogya di Dagen Gedongtengen, Yogya. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI