PDIP Tetapkan Danang Rudiatmoko Pimpin DPRD Kota Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengurus PDI Perjuangan mengusulkan nama untuk menduduki kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta periode 2019-2024. Siapakah dia?

Berdasarkan keputusan internal partai, PDIP menetapkan Danang Rudiatmoko sebagai calon Ketua DPRD Kota Yogyakarta untuk lima tahun ke depan. "Perihal pengesahan dan penetapan, mengumumkan surat partai yang memberikan tugas kepada Danang Rudiatmoko sebagi ketua DPRD kota Yogyakarta 2019-2024," kata  Ketua DPC PDIP Kota Yogya, Eko Suwanto, kepada wartawan saat jumpa pers di Kantor DPRD kota, Senin (09/09/19).

Eko menyampaikan, menduduki kursi ketua DPRD harus mengetahui tugas dan kewenangannya. Yakni petugas partai yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga, merawat, menggelorakan Pancasila, Kebhineka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI, dan Keistimewaan DIY.

Selain itu ketua DPRD juga mendapatkan tugas bersama-sama dengan pimpinan dan anggota Fraksi PDIP untuk memperjuangkan dan menyelesaikan permasalahan di Kota Yogya. Di antaranya adalah kemacetan, tata kelola air bersih, hingga meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Yogyakarta. "Serta berbagai tantangan dan ancaman di hadapan kita, di antaranya adalah persoalan pengangguran di tengah masyarakat, kemiskinan, kemacetan, tata kota yang belum rapi," ucapnya.

Eko menambahkan, tugas lainnya yakni kontrol terhadap berbagai ancaman seperti radikalisme dan terorisme. PDIP berkomitmen terus menggelorakan Pancasila dan pendidikan politik bagi masyarakat untuk bersama mewujudkan Kota Yogya yang masyarakatnya bisa sejahtera.  "Ketua DPRD juga memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan teladan bagi seluruh anggotanya dan masyarakat bersama melawan korupsi," kata Eko.

Pada kesempatan yang sama, PDIP juga mengumumkan Gm Dedi Jati Setiwan sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kota Yogyakarta. 

Sementara itu, Danang Rudiatmoko, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari partainya untuk memimpin DPRD Kota Yogyakarta."Ini merupakan tanggung jawab yang besar. Bagaimana menyejahterakan rakyat kurang lebih 5 tahun ini. Terima kasih atas kepercayaanya. Kami bersama-sama berusaha menyelesaikan permasalahan yang ada di Kota Yogya, salah satunya adalah kesejahteraan sosial," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI