PDM Yogyakarta Gelar Kajian Lingkungan

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menyelenggarakan kajian lingkungan dalam bentuk talkshow lingkungan secara luring dan daring di Gedung Studio 14 PDM, Jalan Sultan Agung Yogyakarta, Kamis (16/9). Kegiatan digelar dalam rangka Hari Ozone Sedunia.

Selaku keynote speaker, Ketua PDM Kota Yogyakarta Drs H Akhid W Rachmanto. Sedangkan para narasumber yaitu Reni Kraningtyas MSi (Kepala Staklim Sleman, BMKG DIY), Heri Setiawan MSi (Ketua MLH PDM), Harris Syarif Usman SH MKn (Wakil Ketua Forum Kota Hijau/anggota Dewan SDA DIY), Ir Hidayat Tri Sutardjo MM (Sekretaris MUI Pusat/MLH PP Muhammadiyah) dan HM Wirmon Samawi SE MIB (Dirut PT BP Kedaulatan Rakyat/Ketua PMI Bantul).

Akhid W Rachmanto mengajak masyarakat untuk melestarikan ozone guna melindungi kehidupan bumi dari paparan langsung sinar ultra violet. Para narasumber sepakat perlu upaya untuk mengurangi hal-hal yang bisa menjadi pemicu rusaknya bumi sehingga terjadi pemanasan global yang bisa berdampak negatif bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Ada beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya dengan mengurangi pemakaian listrik, menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Dengan begitu akan mengurangi asap kendaraan dan menghemat bahan bakar dan juga mendaur ulang limbah sehingga memberikan manfaat,” kata Akhid. Sementara itu Wirmon Samawi mengajak masyarakat untuk gemar menanam pohon untuk menghasilkan oksigen dan mengurangi pemanasan global.

Harris Syarif Usman menuturkan, kegiatan ini merupakan respons atas terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia yang semakin masif, sehingga menyebabkan terjadinya fenomena perubahan iklim yang mempengaruhi kondisi ozon. “Diperlukan pendekatan multi aspek yg sinergis dalam gerakan penyelamatan lingkungan,” katanya. (Dev)

 

 

BERITA REKOMENDASI