Pedagang di Jabodetabek Mogok Jualan, Harga di DIY Stabil Tinggi

YOGYA, KRJOGJA.com – Harga daging sapi di DIY terpantau masih stabil tinggi dengan ketersediaan stok atau pasokan yang mencukupi hingga pekan ketiga Januari 2021 ini. DIY tidak terjadi fluktuasi harga yang dipicu minimnya stok daging sapi seperti yang dialami di pasar kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Bahkan para pedagang sapi di kawasan Jabodetabek berencana mogok jualan sebagai wujud aksi protes kepada pemerintah karena mahalnya harga daging sapi di pasar sejak awal tahun 2021.

“Harga daging sapi lokal di DIY sudah bertahan relatif tinggi sebesar Rp 120.000/Kg dan harga daging impor beku harga disekitaran Rp 80.000 saat ini. Jadi tidak ada kenaikan daging sapi yang signifikan bahkan cenderung stabil di DIY,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto kepada KR di Yogyakarta, Rabu (20/1).

Yanto mengatakan dari sisi harga komoditi daging sapi lokal di DIY sudah stabil tinggi sejak 2019 lalu dan tidak ada pergerakan atau fluktuasi harga hingga saat ini. Sementara itu, terkait ketersediaan pasokan daging sapi lokal di DIY sudah mampu dipenuhi, meskipun belum bisa swasembada daging sapi.

“DIY sudah mampu memenuhi kebutuhan daging sapi lokal, tetapi belum swasembada karena masih mendatangkan pasokan daging sapi dari luar DIY seperti Boyolali dan daerah lainnya,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI