Pedagang Malioboro Awali Vaksinasi Tahap II Mulai 1 Maret

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan segera dilaksanakan di DIY mulai 1 Maret 2021 mendatang. Sasaran vaksinasi tahap kedua di DIY ini akan diawali bagi setidaknya 19.897 pedagang maupun pegawai toko yang berada di Kawasan Malioboro. Vaksinasi massal perdana tersebut bakal digelar di tiga lokasi yaitu Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

“Saya menghadap Ngarso Dalem (Sultan HB X) karena rencananya kita mau mengadakan acara vaksinasi Covid-19 kepada pedagang-pedagang pasar di Pasar Beringharjo pada 1 Maret 2021. Saya minta izin kepada beliau sebagai tuan rumah mudah-mudahan bisa lancar acaranya,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kraton Kilen Yogyakarta, Minggu (21/2).

Budi mengatakan sasaran vaksinasi tahap kedua ini adalah lansia yang berusia di atas 60 tahun dan para pekerja atau petugas publik. Pekerja publik definisinya adalah orang yang pekerjaanya sehari-hari memang berhadapan dengan banyak orang. Selain lansia dan pekerja publik, sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua antara lain pedagang pasar, tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi, wartawan dan pekerja media, atlet serta sektor pariwisata.

“Pedagang pasar ini kan banyak ketemu sama langganannya, maka perlu diberikan vaksinasi. Mereka beresiko tinggi terpapar. Saya diberitahu pak Gubernur setidaknya ada 15 persen lansia di DIY, itu menjadi program vaksinasi tahap kedua bagi lansia di DIY yang akan kita prioritaskan,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI