Pedangdut Cantik Yupy Yupyta, Gairah Penonton Memberi Semangat

Editor: Ivan Aditya

MULAI bergulirnya panggung musik, direspons hangat para musisi dan penyanyi. Dianggap bisa menghapus ‘kekeringan’ manggung selama berapa bulan ini. Di sisi lain, bertemu banyak orang mengkhawatirkan.

“Tetap taati protokol kesehatan. Rajin cuci tangan, bawa hand sanitizer, juga bermasker,” papar Yupy Yupyta penyanyi yang gabung HaSoe Angels.

Sebelum panggung musik bergairah, Yupy diuntungkan banyaknya permintaan nyanyi virtual. “Job tetap jalan di pandemi kemarin, meski kebanyakan live streaming,” tegas Yupy yang punya pengalaman unik.

Karena bangun kesiangan, Yupy terburu-buru mendatangi acara. Saat naik panggung, menyanyikan lagu pertama, penyanyi kelahiran 25 November 1996 ini diteriaki penonton, bajunya terbalik.

“Aku nggak sadar. Karena tergesa, pakai baju terbalik. Dan penonton tahu lalu mengingatkan,” ujar Yupy yang mukim di Jogokaryan Yogyakarta.

Kejadian tersebut sekian dari banyak suka duka Yupy sebagai penyanyi. Peristiwa empirik tersebut dianggap sebagai pematang mental. Pembelajaran berharga.

Meski di panggung musik Yogya dan sekitarnya Yupy sedang naik daun, ia mengaku masih belajar, dan akan terus belajar. Tidak hanya teknik menyanyi, juga hal lain berkait panggung musik. Yupy saat ini gabung Hasoe Angels.

Bimbingan HaSoe diakui Yupy sangat berarti. “Pertama kali nyanyi, langsung diajak Kakung HaSoe. Kalau nyanyi sebenarnya sejak SD. Namun naik panggung beneran baru tahun 2018,” tandasnya.

Nyanyi tak sekadar memuaskan hobi. Juga ajang meluaskan pergaulan, sekaligus mencari materi. “Nyanyi juga bikin dikenal masyarakat,” ujar Yupy usai manggung bersama OM Lathanza di panggung Alpha Bravo Sewon Bantul, beberapa waktu lalu.

Di masa pandemi banyak pentas daring. Yupy berkali mendapatkan job panggung virtual. Realitas tersebut lumayan membantu mengalirkan pemasukan.

“Beberapa bulan ini kan banyak penyanyi terdampak pandemi. Padahal ada yang jadi tulang punggung keluarga. Pentas daring bisa menjadi alternatif positif,” papar Yupy yang mengaku lebih menikmati manggung di depan banyak penonton. Ada nuansa lain yang didapat dibanding pentas daring.

“Beda. Lebih asyik pentas di panggung (ditonton banyak orang). Gairah penonton memberi semangat,” tandas Yupy yang berprinsip jalani apa adanya. (Latief ENR)

BERITA REKOMENDASI