Pekan Seni Grafis Yogyakarta Usung Karya Sablon

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Ajang pekan seni dua tahunan, Pekan Seni Grafis Yogyakarta (PSGY) kembali dihelat pada September 2021. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas Grafis Minggiran bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kebudayaan) provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tahun 2017.

Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan Pekan Seni Grafis Yogyakarta (PSGY) mengusung tema SCHABLON- Dari Teknik Cetak Baju menjadi Ekspresi Seni Grafis. Karya-karya yang ditampilkan merupakan Seni Grafis dengan Teknik sablon / silk screen dengan menghadirkan koleksi Jumaldi Alfi yaitu berupa satu karya spesial Andi Warhol dan dua karya dari Liu Ye, serta 12 karya silk screen dari kelompok Decenta (Bandung) yang terdiri dari Sunaryo AD Pirous, (alm) G. Sidharta, T. Sutanto, Priyanto Sunarto dan Diddo Kusdinar. Adapula koleksi Butet Kertarajasa dan 12 karya silk screen koleksi Seni Murni FSR ISI Yogyakarta.

Pameran PSGY tahun ini diselenggarakan di Kiniko Art Space, Kalipakis, Yogyakarta pada 20 hingga 27 September dengan format peserta seniman undangan dan aplikasi. PSGY 2021 akan menyertakan sekitar 43 karya dari seniman undangan dan 17 karya seniman yang lolos seleksi aplikasi. Total karya yang dipamerkan adalah 73 karya.

Kurator PSGY 2021 Bambang Toko dalam jumpa pers di Sarang Building (5/9) menjelaskan mengapa mengusung sablon sebagai tema. Menurutnya Seni sablon berhubugan dengan sejarah dan selalu berkembang. Sangat tipis perbedaan sablon sebagai karya seni dan industri.

“Kali ini kita mengangkat tema sablon yang penulisannya diambil dari bahasa Belanda SCHABLON dari teknik cetak baju menjadi ekspresif seni grafis. Varian-varian dari sablon tersebut sangat banyak sehingga banyak pula yang bisa kita tampilkan dalam pameran ini,”jelas Bambang Toko.

Selain Pameran adapula berbagai program Lomba, yang pertama adalah Cukil Battle yang telah diselenggarakan pada tanggal 1-4 September 2021 berlokasi di Kiniko Art Space dengan juri Edi Sunaryo, Gunawan Bonaventura dan Andre Tanama. Pengumuman Juara Cukil Battle akan diumumkan sekaligus menerima hadiah saat penutupan Pameran PSGY 2021 pada tanggal 27 September 2021. Lomba kedua adalah Lomba Sablon Pelajar dengan 2 Juri ialah Jumaldi Alfi serta Johanes Barakuda.

Program lainnya adalah Art Workshop pada tanggal 6 hingga 11 September diantaranya Workshop Carbon Print oleh Theresia A. S, Workshop Lino Cut Print oleh Lulus “Boli”, Workshop Acrylic Dry Point oleh Rully PA, Workshop Stencil Art oleh Digie Sigit, Workshop Ecoprint oleh Beta Pramudya (Manuwal) dan Workshop Silk Screen oleh Izzuddin Nur Jawawi, workshop ini berlokasi di Sarang Building dengan dibatasi 10 peserta setiap workshop.

Webinar menjadi program terakhir dari rangkaian acara PSGY 2021 yang akan dilaksanakan pada 22 September 2021 melalui platform daring (zoom) dengan tajuk “SCHABLON – Antara Industri dan Karya Seni” menghadirkan empat pembicara diantaranya PT Aseli Dagadu Djokdja, Krack Studio serta 2 pembicara dengan latar belakang Seniman serta Dosen Seni grafis. (*)

BERITA REKOMENDASI