Pelaksanaan PTKM di DIY, Mulai Aktifkan Portal Hingga Perketat Prokes

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Bupati dan Walikota se-DIY telah mengeluarkan Instruksi Bupati/Walikota menindaklanjuti Instruksi Gubernur DIY Nomor 1/IM 1/INSTR/2021 tentang Kebijakan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY yang berlaku mulai 11 Januari hingga 24 Januari 2021. Modal sosial masyarakat DIY tersebut perlu kembali diaktualisasikan dan dikonsolidasikan ke bawah untuk pengkondisian wilayah kabupaten/kota sampai RT/RW selama dilaksanakan PTKM dua minggu kedepan.

Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemda DIY Biwara Yuswantana mengatakan Bupati/Walikota se-Diy langsung menindaklanjuti kebijakan PTKM dari Instruksi Gubernur DIY dengan mengeluarkan instruksi untuk wilayah kabupaten/kota masing-masing serta dikonsolidasikan untuk pengkondisian sampai tingkat RT/RW. Dengan dikeluarkannya Instruksi Bupati/Walikota se-DIY ini maka diberikan waktu persiapan pengkondisian hingga tingkat RT/RW sebelum PTKM dilaksanakan.

“Ada penekanan dari Pak Gubernur, terkait pelibatan masyarakat dari tingkatan kabupaten/kota hingga RT/RW guna mengawasi mobilitas penduduk. Contohnya mengaktifkan portal di dusun yang hanya dipusatkan pada satu portal sebagai akses utama keluar masuk seperti awal pandemi Covid-19,” ujar Biwara kepada KR di Yogyakarta, Sabtu (9/1).

Biwara menegaskan pihaknya mengharapkan agar Pemkab/Pemkot ke bawah segera mempersiapkan pembangunan posko-posko di tingkat dusun dan mengaktifkan portal-portal untuk pembatasan mobilitas orang keluar masuk. Intinya penerapan kebijakan PTKM dengan kearifan lokal yang dimaksud adalah modal sosial masyarakat DIY. Salah satunya dengan melakukan pembatasan akses keluar masuk dusun, pengawasan warga dan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

BERITA REKOMENDASI