Pelaksanaan PTKM Tergolong Tertib

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) di DIY, 11-25 Januari 2021 awalnya dikeluhkan para pedagang karena tidak bisa berjualan pada malam hari, namun mereka tetap tertib dan mau melaksanakan kebijakan tersebut. Bahkan kedisiplinan masyarakat sudah mulai meningkat.

“Awalnya ada beberapa pedagang yang mengeluh karena tidak bisa berjualan malam hari, namun mereka tetap melaksanakan kebijakan PTKM. Memang masih ditemukan beberapa pelanggaran, tapi kedisiplinan masyarakat mulai meningkat,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Baskara Aji mengungkapkan, peningkatan kedisiplinan masyarakat diharapkan berdampak pada penurunan jumlah kasus positif Covid-19 di DIY, meski dampak positif PTKM tidak bisa instan, butuh proses. Jadi hasilnya baru bisa diketahui setelah dua minggu kebijakan tersebut dilaksanakan. Menurut Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 Berty Murtiningsih, kasus positif Covid-19 di DIY bertambah 291 menjadi 16.092 kasus.

Mayoritas berdomisili di Kabupaten Bantul 125 orang, Sleman 90, Gunungkidul 35, Kota Yogya 34 dan Kulonprogo tujuh orang. Pasien sembuh bertambah 128 menjadi 10.547 dan kasus meninggal bertambah delapan menjadi 349 kasus. (Ria/Ira)

BERITA REKOMENDASI