Pelaksanaan Zonasi Guru Perlu Dicermati

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski rencana pemerintah untuk menerapkan zonasi guru dinilai efektif bagi pemerataan layanan pendidikan. Alangkah baiknya, apabila aturan teknis tentang zonasi guru dicermati dan dilakukan kajian secara mendalam. Bahkan supaya nantinya kebijakan zonasi guru itu bisa sesuai dengan target yang sudah ditentukan perlu diimbangi dengan pemetaan dan pendataan guru secara detail.

“Memang secara sepintas adanya rencana zonasi guru cukup bagus bagi pemerataan. Namun jika dilihat kondisi di lapangan, untuk saat ini saya kira kurang tepat. Selain masih terjadi kekurangan guru di sejumlah daerah, adanya disparitas kualitas sekolah satu dengan yang lainnya masih cukup tinggi,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta, Dr Ariswan.

Menurut Ariswan, saat ini yang penting dan perlu dilakukan pemerintah adalah mewujudkan pemerataan kualitas di setiap satuan pendidikan. Termasuk pemerataan kualitas guru, sarana prasarana pendidikan, atmosfer akademik setiap sekolah sampai sistem manajemen sekolah.

Apabila hal itu bisa diwujudkan diharapkan input setiap sekolah bisa seragam. Sehingga menghasilkan output dan outcome generasi mendatang yang melek terhadap teknologi modern dan berkarakter Indonesia.

Terpisah praktisi Pendidikan dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Nuryadi MPd tidak sependapat dengan wacana zonasi guru yang diwacanakan pemerintah. Meski bertujuan bagus dalam upaya pemerataan guru, namun aturan teknis tentang zonasi guru ini perlu dicermati dan kajian mendalam.

Sedangkan Praktisi Pendidikan dari Universiyas PGRI Yogyakarta (UPY) Darsono MPd mempertanyakan kompetensi guru dengan model zonasi guru tersebut. Meski bertujuan bagus dalam upaya pemerataan guru, namun persebaran guru juga perlu mempertimbangkan kompetensi.

”Perlu dipikirkan pula ketercukupan jumlah guru yang sesuai dengan kompetensinya dalam menerapkan zonasi guru tersebut, apakah jumlahnya memenuhi kuota yang ada juga,” kata Darsono, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UPY di Kampus UPY Sonosewu Yogya.

Sementara anggota Dewan Pendidikan DIY Drs Timbul Mulyono MPd berpendapat sebenarnya di Kota Yogya sudah beberapa kali terjadi rotasi guru untuk efektivitas tugasnya .Jika DIY akan ada zonasi tugas guru sangat tepat. Tetapi perlu analisis yang matang dan agar pemerataan guru sesuai dengan kedekatan tugas dengan rumah guru sehingga meningkatkan kinerja guru. (Ria/R-3/War)

BERITA REKOMENDASI