Pelaku Usaha Diminta Tidak Khawatir

KRETEK, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Bantul bakal segera melakukan penataan di kawasan Pantai Depok Parangtiris Kretek Bantul. Program tersebut sebagai respons dibangunkan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) dan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. 

Konsep penataan tersebut ditempuh karena pemerintah ingin menjadikan Pantai Depok sebagai halaman dimuka DIY dengan segala keunggulanya. Tahun 2018 ini fokus pentaan berada di sekitar laguna Pantai Depok.      

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Drs Kwintarto Heru Prabowo Ssos, Selasa (27/2)  mengatakan, penataan rancangan pemerintah dilakukan secara bertahap. Program itu tidak akan langsung memindahkan pedagang ke lokasi baru. Tahun ini penataan fokus disekitar Laguna Depok disisi utara sebagai lokasi.  Karena itu pelaku usaha warung makan di Depok tidak perlu khawatir dengan program itu. 

"Kami tidak langsung memindah,  semua akan kami lakukan secara bertahap dengan perhitungan matang," ujarnya kwintarto disela menghadari sosialiasi di  Desa Parangtritis  Kretek Bantul.   

Dalam konsep itu, ketika  sekitar Laguna sudah ramai berlahan warung diselatan akan dipindah secara bertahap sambil melihat  situasi dan kondisi. Artinya tidak berarti pelaku usaha rumah makan harus pindah tahun ini. 

"Semua akan dilakukan berlahan sambil melihat lokasi baru. "Akan kita buat ramai dulu lokasi sekitar Laguna itu, soal perpindahan dari pengusaha warung itu kita belum tahu kapan," ujar Kwintarto HP.

Dia menambahkan pemerintah juga bakal melengkapi fasilitas penunjang bagi wisatawan. Dengan rencana  itu pemerintah ingin mengajak masyarakat memajukan wisata kuliner dari tidak level lokal, tetapi juga internsional. (Roy) 

BERITA REKOMENDASI