Pelantikan Tiga Bupati di DIY Dijadwalkan 26 Februari

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menyatakan pelantikan tiga kepala daerah terpilih Sleman, Bantul dan Gunungkidul akan dilaksanakan 26 Februari 2021. Hal tersebut dipastikan usai video conference dengan Kemendagri, Rabu (24/2/2021).

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan tidak adanya sengketa pelaksanaan pilkada membuat pelantikan bisa dilaksanakan sesuai ketentuan dari Kemendagri pada 26 Februari. Pelantikan akan dilaksanakan secara luring namun dengan terbatas sesuai protokol kesehatan.

“Dari Jakarta (Kemendagri) baru saja ini menyatakan bahwa pelantikan akan dilaksanakan tanggal 26 (Februari),” ungkapnya pada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Teknis pelantikan nantinya, Pemda masih berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Pasalnya, merujuk aturan Kemendagri, dalam pertemuan luring tidak boleh melibatkan lebih dari 25 orang untuk menjaga protokol kesehatan.

“Ya ini tadi setelah vidcon dengan Kemendagri, teman-teman baru rapat mekanisme seperti apa. Karena mau tidak mau kita harus online yang hadir atau yang online apakah bupatinya. Kalau bisa bupati dan wakilnya hadir, tamunya secara online,” ungkapnya lagi.

Di Sleman, pasangan Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa menjadi bupati/wakil bupati terpilih. Di Bantul, Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo sementara di Gunungkidul Sunaryanta dan Heri Susanto dinyatakan memenangkan pilkada 2020 lalu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI