Pelatih PSIM dan PSS Resmi Sandang Lisensi Pro AFC

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelatih PSIM Aji Santoso dan Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro resmi menyandang status pelatih lisensi Pro AFC Jumat (6/9/2019) malam. Keduanya menerima penghargaan dari PSSI bersama 18 pelatih lainnya yang lulus lisensi AFC Pro.

Sekretaris Jendral PSSI Ratu Tisha memberikan langsung penghargaan tersebut yang merupakan bentuk apresiasi karena tidak mudah melewati modul demi modul untuk akhirnya mendapatkan lisensi. Menurut dia, angkatan pelatih-pelatih yang lulus tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dan dirasa menjadi pintu masuk pelatih lainnya.

"Ini merupakan satu terobosan besar karena banyak negara yang menantikan hal ini. Seperti yang saya sampaikan ada tiga hal yang dilihat dalam sepakbola. Pertama pelatih, kedua wasit, ketiga pemain. Berapa banyak pelatih kita yang bisa bersaing di level tertinggi? berapa banyak wasit kita yang bisa bersaing di level tertinggi? Berapa banyak pemain kita yang bisa bersaing di sana,” ungkap Ratu Tisha.

Sementara, terpisah pelatih PSIM Aji Santoso  mengakui apresiasi dari PSSI merupakan hal yang spesial bagi dirinya. Apalagi, kini ia sedang dalam misi menarik mengembangkan sepakbola PSIM yang berupaya lolos ke kasta tertinggi liga Indonesia.

"Harapannya tentu bermanfaat buat pesepakbolaan Indonesia dan mudah-mudahan secara pribadi saya bisa sukses dengan ilmu yang saya dapatkan. Sekarang juga sudah banyak mantan pesepakbola yang ambil kursus. Mudah-mudahan ilmu kami bermanfaatlah,” ungkap Aji.

Tak hanya Aji dan Seto saja, pelatih yang kini berdomisili di Yogyakarta yakni Indra Sjafri juga mendapatkan penghargaan dari PSSI. Juru racik timnas U-22 tersebut berhasil merampungkan seluruh modul kursus Pro AFC. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI