Pelatihan Guru SMK kejuruan Animasi dan DKV, Tingkatkan Kompetensi Berstandar Industri

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Setelah selama tiga bulan digembleng dalam program upskilling dan reskilling, guru-guru SMK kejuruan kompetensi animasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV) diharapkan meningkat kompetensinya sesuai dengan standar industri dan membawa pengalamannya ke sekolah untuk membagikanya kepada peserta didik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya Dr Sarjilah MPd saat menutup Pelatihan Program Upskilling dan Reskillng Guru Kejuruan SMK Kompetensi DKV dan Animasi di Hotel Cavinton Yogya, Jumat (27/8) malam.

Pelatihan itu diikuti 98 guru SMK Kejuruan dari berbagai daerah di tanah air, berlangsung sejak 23 September lalu yang terbagi dalam empat tahapan, yakni kelas daring, tatap muka dan magang industri serta uji kompetensi. Pelatihan ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang diselenggarakan atas kerja sama Diektorat Kemitraan dan Penyelarasan Dudi dengan BBPPMPV Seni dan Budaya.

“Guru SMK, terutama guru produktif atau kejuruan, memiliki peran penting dalam mendidik siswa agar kompeten di bidang kejuruannya, sehingga diharapkan lulusan SMK dinyatakan siap untuk bekerja. Dan pelatihan ini ditujukan untuk mendukung peningkatan pemerataan kompetensi guru kejuruan yang sejalan dengan perkembangan teknologi di dunia usaha dan dunia industrI,” ungkap Sarjilah.

Pelatihan ditutup secara resmi oleh Sarjilah dengan pemukulan gong. Selain diikuti semua peserta pelatihan, penutupan juga dihadiri Kabid Dikmen Dinas Dikpora DIY Dra Isti Triasih dan dari industri yang menjadi tempat magang.

BERITA REKOMENDASI