Pelatihan Penyusunan Pembelajaran Model STEM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu unsur dari tri dharma yang harus dilakukan oleh dosen. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD menyelenggarakan program pengabdian masyarakat reguler bertema “Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Era New Normal dengan Model Integrated Thematic Instruction Berbasis Science Technology’.

Engineerinb and Mathematics (STEM) diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting. “Kegiatan ini diketuai oleh Nani Aprilia, MPd dengan anggota Hani Irawati MPd. Kegiatan dipandu oleh mahasiswa pendidikan biologi UAD yaitu Gita Amalia. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh guru SDN 02 Pende Brebes,” kata Hani Irawati MPd, Rabu (16/06/2021).

Kegiatan diawali dengan pembukaan, sambutan dari Kasiyanto SPd selaku Kepala SDN Pende 2 Brebes, dilanjutkan sambutan dari Nani Aprilia MPd selaku Ketua Pengabdian kepada Masyarakat reguler. Dalam sambutannya Kasiyanto SPd berharap agar kegiatan pengabdian ini sebagai langkah awal bagi SDN 02 Pende Brebes untuk menjalin kerjasama dengan prodi pendidikan biologi FKIP UAD, dan ke depan semoga kegiatan yang serupa dapat kembali dilaksankan sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru di SDN 02 Pende.

Pada sesi penyampaian materi, Nani Aprilia menyampaikan, adanya perkembangan global akibat kemajuan di bidang teknologi berdampak pada perubahan sistem pendidikan di Indonesia. Penerapan model pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematic atau STEM merupakan salah satu upaya untuk dapat mengintegrasikan mata pelajaran dan mengkorelasikannya dengan kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan pengabdian ini juga pemateri memberikan pelatihan kepada guru-guru di SD N 02 Pende tentang bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran yang di dalamnya menggunakan model pembelajaran STEM. Pengembangan model pembelajaran STEM ini dilakukan karena mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa yang sesuai tuntutan pembelajaran abad 21. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI