Pemandangan Baru, Pedestrian Malioboro Ditanami Pohon Gayam dan Asem

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Jumat (25/11/2016) pekerja revitalisasi pedestrian sisi timur Jalan Malioboro tampak cukup sibuk menanam beberapa pohon di titik-titik yang telah ditentukan. Pohon Gayam dan Asem ditanam untuk memperindang kawasan pejalan kaki yang memang disiapkan untuk libur panjang Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi akan tiba.

 

Project manajer revitalisasi sisi timur Malioboro tahap 1, Eri Purnomo kepada KRjogja.com mengatakan pihaknya melakukan penanaman empat pohon pada hari ini. Sebuah pohon Gayam dan tiga buah pohon Asem ditanam di lokasi yang memang telah ditentukan dalam site plan revitalisasi tersebut.

"Kami pasang empat pohon hari ini yakni datu Gayam dan tiga Asem. Posisi pohon Gayam dibuat segaris dengan arah barat dan timur huruf jawa yang ada di teraso pedestrian tersebut," ungkapnya.

Sebelum ditanam, pohon-pohon tersebut dikarantina terlebih dahulu selama dua bulan agar nantinya dapat menyerap air maksimal di lokasi baru. "Dua bulan kami tidurkan dahulu agar terjadi kapilarisasi, air bergerak naik ke batangnya, jadi mudah beradaptasi di tempat baru," imbuhnya.

Diharapkan saat masa liburan nanti, pohon-pohon tersebut sudah tumbuh daun untuk sedikit banyak membawa kesejukan di kawasan pejalan kaki Malioboro. "Sekarang sudah muncul tunas-tunas dan harapan kami sudah cukup tumbuh satu bulan lagi pas musim liburan," lanjutnya.

Media tanam sendiri dibuat dengan campuran split, ijuk, pasir dan tanah humus. Pihak kontraktor proyek meyakini tanaman tersebut akan tumbuh dengan subur lantaran nantinya akan dirawat secara berkala. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI