Pembangunan DIY Jangan Tinggalkan Humanisme dan Kesejahteraan Warga

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD DIY menggelar Forum Group Disscusion (FGD) Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2023, Selasa (2/11/2021). Sekda DIY memaparkan program dan capaian yang kemudian mendapat tanggapan dari akademisi Arie Sujito dan Amirullah Setya Hadi.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, memaparkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sudah memasuki tahap keempat periode 2021-2025. DIY berusaha mewujudkan misi menjadi pusat pendidikan, budaya dan daerah tujuan wisata terkemuka Asia Tenggara dalam lingkungan masyarakat maju mandiri sejahtera.

“Tingkat kunjungan wisatawan kita bahkan melebihi Bali sebelum pandemi. Namun hari-hari ini Jogja juga pilihan untuk wisatawan domestik. Kita juga sepakat DIY menghadap ke selatan, ada tiga kabupaten yang berbatasan langsung yakni Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo. Namun sampai saat ini kontribusi tiga daerah ini baru 41,04 persen dari total PDRB DIY. Padahal garis pantai 113 kilometer. Potensi ikan mencapai 320.600 ton sedangkan tangkapan masih 6.545 ton pertahun (data 2020),” ungkapnya.

DIY berupaya melakukan pembangunan mengarah ke selatan pada 2022-2027 mendatang demi mewujudkan Renasainse Among Tani Dagang Layar. Pemanfaatan teknologi informasi akan menjadi tonggak utama untuk mendekatkan diri pada era Pasifik.

Sementara, Arie Sujito, akademisi Fisipol UGM, mengingatkan agar pembangunan DIY tetap mengedepankan nilai humanisme dan kesejahteraan. Kondisi masyarakat DIY yang majemuk serta dinamis menjadi tantangan serta konsekuensi yang harus cermat dipahami oleh pemerintah daerah.

BERITA REKOMENDASI