Pembangunan Hidran Kampung Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pembangunan hidran yang sudah berjalan di berbagai kampung ditargetkan tuntas serentak pada Desember mendatang. Tahun ini terdapat sembilan lokasi yang menjadi sasaran pembangunan infrastruktur pendukung untuk mengantisipasi kebakaran tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan Dinas Kebakaran Kota Yogya Isharyanto, mengungkapkan dari sembilan lokasi itu rata-rata realisasi pekerjaan sudah mencapai 60 persen. "Kecuali di Cokrodirjan yang baru saja dimulai. Tetapi kami targetkan bisa selesai awal Desember," jelas.

Baca juga :

Jokowi Diusik, 'Alap-Alap Jokowi' Siap Pasang Badan
Gejayan Memanggil 2 Dilakukan Hari Ini, Massa Buat 6 Panggung Orasi

Selain Cokrodirjan, kampung lain yang dibangun hidran antara lain Jlagran, Karangwaru, Ledok Tukangan, Gemblakan Bawah, dan Basen. Hidran berbasis kampung sudah dibangun sejak 2015. Lokasi awal pembangunan berada di Kampung Pathuk, Kauman dan Prawirodirjan sebagai percontohan dan kemudian berkembang di lokasi lain.

Isharyanto menjelaskan, pekerjaan pembangunan hidran kampung tahun ini tidak seluruhnya dilakukan di lokasi yang sama sekali belum memiliki hidran. Tetapi juga dilakukan untuk meneruskan pembangunan yang sudah dikerjakan tahun lalu.

"Pembangunannya tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kebakaran Kota Yogya saja tetapi juga ada yang dibiayai oleh Pemerintah DIY serta dari program penataan kawasan kumuh Kotaku," urainya.

Pemilihan lokasi pembangunan didasarkan pada peta daerah rawan kebakaran di Kota Yogya. Selain itu lokasi tersebut juga padat penduduk dan sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran berukuran besar serta sudah memiliki kepengurusan kampung tangguh bencana.

"Tidak ada kendala apapun dalam kegiatan pembangunan hidran berbasis kampung karena pekerjaan juga disesuaikan dengan kondisi di masing-masing wilayah, salah satunya jarak antar titik box hidran," imbuhnya.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada hidran kampung yang digunakan untuk membantu memadamkan kebakaran yang ada di lingkungannya. Namun ia memastikan, seluruh hidran kampung yang sudah dibangun dalam kondisi baik dan siap dioperasionalkan sewaktu-waktu. (Dhi)

BERITA REKOMENDASI