Pembatalan PPKM Level 3, Pesta Kembang Api Dilarang!

YOGYA, KRJOGJA.com – Kendati pemerintah memutuskan pembatalan penerapan PPKM level 3 pada momentum akhir tahun, namun hal tersebut tidak menghalangi pembatasan kegiatan. Terutama pada perayaan natal dan tahun baru agar potensi penularan Covid-19 bisa dicegah.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, mengaku pembatalan PPKM level 3 tidak lantas ada kelonggaran kegiatan di masyarakat. “Pembatasan aktivitas tetap ada dan akan kami lakukan. Tapi memang tidak ada penyekatan-penyekatan karena secara nasional pun tidak dilakukan,” jelasnya, Kamis (9/12/2021) malam.

Pembatasan aktivitas yang dimaksud itu pun lebih ditujukan untuk memperketat penerapan protokol kesehatan. Terutama di lokasi yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti destinasi wisata, perhotelan, pusat perbelanjaan, kafe dan restoran. Termasuk di dalamnya ialah memperketat evaluasi terhadap izin kegiatan yang akan diselenggarakan pada malam pergantian tahun.

Heroe menambahkan berdasarkan koordinasi di tingkat DIY, pesta kembang api pada malam pergantian tahun tidak akan diizinkan. Sehingga kegiatan tersebut otomatis akan dilarang. Kendati demikian, agenda atau kegiatan yang bernuansa seni budaya diberikan toleransi untuk digelar. Hanya, penonton harus dilakukan secara daring.

“Kalau kegiatan seni budaya masih dimungkinkan, silakan digelar namun tanpa penonton offline. Kemudian pameran ekonomi kreatif dan UMKM juga silakan, termasuk pertemuan itu maksimal hanya 50 orang,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI